logo


Kemenag Terjunkan Tim Telusuri Khazanah Keagamaan Indonesia di Malaysia

Simak berita selengkapnya

29 November 2019 15:10 WIB

Dok. Kemenag
Dok. Kemenag
dibaca 144 x

Kementerian Agama (Kemenag) memberangkatkan tim peneliti Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (Puslitbang LKKMO) ke Negeri Jiran, Malaysia untuk melakukan penelusuran khazanah keagamaan Indonesia yang akan berlangsung selama enam hari, mulai 21-26 November 2019.

Kapuslitbang LKKMO Muhammad Zain menuturkan, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menjajaki jejak-jejak peninggalan khazanah keagamaan Indonesia seperti manuskrip keagamaan, artefak makam ulama, masjid, seni Islam yang berada di Malaysia.

“Penelitian ini juga bertujuan untuk menelusuri keterkaitan tradisi dan budaya keagamaan Indonesia-Malaysia melalui tinggalan kesejarahan (historical legacies),” tutur Zain, di Jakarta, Jumat (29/11).


Kunjungan Ke Papua, Mendagri Berpesan Agar Hati-Hati dengan APBD

Puslitbang mengirim tiga penelitinya diantaranya, Masmedia Pinem, Novita Siswayanti dan Ahmad Yunani yang ditugaskan untuk mencari data-data yang diinginkan. Menurut Zain, ketiga peneliti ini mengadakan kunjungan ke beberapa tempat di Malaysia.

Mulai dari Perpustakaan Negara Malaysia (PNM), Kota Melaka (kota jejak peninggalan Islam di dunia Melayu), Museum Negara Malaysia (MNM), Kampus ISTAC (International Institute of Islamic Civilisation and Malay World), hingga Masjid Putra Jaya.

“Selama di sana, kami juga dibantu oleh pihak Kedubes RI. Mereka yang mengkomunikasikan perizinan ke PNM maupun MNM,” jelas Zain.

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Miris! Nasib Orangutan Sumatra Ini Setelah Dihujani 24 Peluru Mengalami Kebutaan

Halaman: 
Admin : Trisna Susilowati
 
×
×