logo


Nadiem Makarim Diklaim Sebagai Sosok Populer

Berikut ulasannya

29 November 2019 13:46 WIB

Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia Popular Survey (IPS) melakukan jejak pendapat dan hasilnya menyimpulkan bahwa Nadiem Makarim yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia populer di kalangan Generasi Z se-Jabodetabek.

“Dari total responden, 73,2 persen mengenal Nadiem. Sementara, 26,8 persen menyatakan tidak kenal pendiri Gojek tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan Nadiem ini cukup populer di kalangan Generasi Z,” ujar peneliti IPS, Teguh Hidayatul Rachmad di Jakarta (28/11).

Teguh menjelaskan 61,3 persen Generasi Z yang jadi responden jajak pendapat ini mengenal Nadiem dari media sosial.


Dukung Wacana Penghapusan UN, Mantan Wagub Jabar: Tapi Apa Nanti Gantinya?

Kendati demikian, kata Teguh, ada satu temuan menarik, yaitu Nadiem tidak punya media sosial.

“Nadiem itu tidak ada di media sosial, tapi justru Generasi Z itu banyak tahu dan kenal Nadiem dari media sosial. Nah, artinya ia jadi salah satu topik pembicaraan yang viral dibicarakan netizen dari Generasi Z,” tuturnya.

Menurutnya beberapa responden Generasi Z juga menyatakan mengenal Nadiem dari platform media-media lainnya.

“16,8 persen kenal dari media TV; 16,5 persen dari portal berita online; 3,3 persen kenal dari media cetak; 1,5 persen kenal setelah bertemu tatap muka; 0,6 persen kenal dari media radio,” pungkasnya.

Diketahui jejak pendapat ini dilakukan selama dua minggu, dimulai pada 11 November hingga 22 November 2019. Metode dari jajak pendapat menggunakan purposive random sampling, yakni metode pengambilan sampel dengan cara memilih sampel yang bisa mewakili populasi.

Setiap wilayah Jabodetabek mempunyai proporsi sampel yang seimbang. Jumlah responden dari jajak pendapat ini berjumlah 537 orang generasi Z yang berada di wilayah Jabodetabek. Semuanya merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Diprotes Nadiem, Sri Mulyani Nyanyikan Lagu Ini

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata