logo


Waketum DPP PPP: Lebih dari 1 Juta Guru Berada di Bawah Tingkat Sejahtera

simak penjelasannya

28 November 2019 21:37 WIB

wartakota

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Reni Marlinawati menyebut bahwa setidaknya ada lebih dari 1 juta guru di Indonesia yang saat ini tingkat kehidupannya berada di bawah tingkat sejahtera.

"Lebih dari 1 juta guru berada di bawah tingkat sejahtera," kata Reni dalam diskusi publik yang bertajuk "Guru Di Persimpangan: Antara Idealita dan Realita" yang bertempat di kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/11).

Politisi PPP tersebut menyebut rendahnya kesejahteraan yang dialami oleh guru di Indonesia membuat banyak dari mereka mencari pekerjaan sampingan di luar tugas pokoknya.


5 Alasan Mengapa di Indonesia Banyak Pengangguran

"Munculnya fenomena guru yang mencari penghasilan tambahan di luar tugas pokok sebagai pengajar," kata Reni.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tingkat kesejahteraan yang rendah tersebut berimbas pada kualitas kompetensi yang dimiliki oleh sebagian besar guru.

"Kualitas rendah. Uji coba kompetensi awal rata-rata skor 41.5 dari 100," kata Reni.

Bahkan, hingga kini, Reni menambahkan, belum ada sebuah kebijakan atau mekanisme yang jelas terkait dengan karir guru. Ia juga mengungkap bahwa setidaknya terdapat 25 persen guru di Indonesia yang belum memenuhi syarat kualitas akademik sejak Desember 2017.

Tak Cuma Indonesia, Kontingen Vietnam Juga Keluhkan Layanan SEA GAMES 2019

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia