logo


Dukung Wacana Penghapusan UN, Mantan Wagub Jabar: Tapi Apa Nanti Gantinya?

Simak berita selengkapnya

28 November 2019 16:16 WIB

nadiem makarim
nadiem makarim sangpengajar.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Dede Yusuf Macan Effendi mendukung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk melakukan evaluasi terhadap sistem ujian nasional.

Dede menyebut standarisasi ujian nasional masih dikhawatirkan sejumlah daerah, terlebih yang jauh dari titik perkotaan.

"Banyak faktor yang membuat standarisasi UN itu menjadi tidak komprehensif dikarenakan ada letak geografis, infrastruktur, dan sebagainya," tutur Dede, sebagaimana dilansir dari Tempo pada Kamis (28/11).


Politisi PKB: Terkait Penerima PKH, KIS, Rastra, dan lain-lain, Namun Data Statistik Pemerintah Tidak Sesuai

Meski mendukung wacana Mendikbud, Dede juga mempertanyakan pengganti dari ujian nasional yang masih diterapkan hingga saat ini.

"Kalau mau diubah silakan saja, tapi kemudian apa nanti gantinya?" kata politikus Partai Demokrat itu.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu menuturkan, perlunya pengkajian yang matang terkait pengganti ujian nasional. Dia mencontohkan wacana ujian nasional di level sekolah.

“Jangan sampai sistem itu malah membebani siswa, misalnya untuk mengikuti les dan bimbingan belajar lantaran harus mengejar level yang ditetapkan sekolah masing-masing,” ujarnya.

Wacana penghapusan ujian nasional, lanjut Dede, belum dibahas oleh Nadiem di Komisi X DPR. Dia mengatakan, Mendikbud hanya menyampaikan tiga prioritasnya, yakni deregulasi, debirokratisasi, dan pembangunan karakter.  

Sebelum menggelar rapat kerja berikutnya dengan Komisi X, Nadiem meminta waktu satu bulan untuk menata internal Kemendikbud terlebih dahulu.

Junaidi Auly: Kesejahteraan Petani Tak Kunjung Membaik

Halaman: 
Penulis : Iskandar