logo


Rilis Hasil Evaluasi Kinerja PDAM, BPPSPAM: Acuan untuk Pemda Bangun Layanan ZAMP

Simak berita selengkapnya

28 November 2019 16:01 WIB

Launching Buku Kinerja Penyelenggara SPAM dan Media Visit Layanan ZAMP, Bogor, Kamis (28/11)
Launching Buku Kinerja Penyelenggara SPAM dan Media Visit Layanan ZAMP, Bogor, Kamis (28/11) Dok. Jitunews/Nurman

BOGOR, JITUNEWS.COM - Pemerintah melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian PUPR menerbitkan buku hasil kinerja evaluasi BUMD Penyelenggara Sistem Penyediaan Air (SPAM) dalam hal ini adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Peluncuran buku, sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat.

Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menjadikan Buku Kinerja BUMD Penyelenggara SPAM sebagai acuan pembangunan dalam meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat.

Bambang juga mendorong peningkatan pelayanan SPAM dengan meningkatkan investasi melalui alokasi dana APBN, APBD atau alternatif pembiayaan lain.


Wow Ada Pepes Ikan Nuklir?

Program yang bisa dilakukan adalah membangun, merehab dan pemanfaatan idle capacity untuk meningkatkan cakupan pelayanan atau penurunan tingkat kehilangan air (non revenue water/NRW) dan penerapan  layanan Zona Air Minum Prima (ZAMP).

"BPPSPAM telah mendetailkan semua capaian kinerja PDAM dari aspek keuangan sampai aspek operasional sehingga dapat dimanfaatkan oleh Pemda dan stakeholder lain  sebagai acuan untuk membuat perencanaan dan pembangunan peningkatan layanan air minum di daerah termasuk  ZAMP," ujar Bambang di Bogor (28/11).

Dia mengungkapkan pelayanan ZAMP ini adalah bentuk layanan air minum tertinggi yang dapat diberikan BUMD Penyelenggara SPAM sebagai perwakilan Pemda untuk melayani kebutuhan air minum masyarakat.

Dalam memberikan layanan ZAMP, PDAM harus secara berkelanjutan memelihara sistem produksi sampai ke sistem distribusinya agar air yang keluar dari kran pelanggan dapat langsung diminum.

Perlu diketahui layanan ZAMP ini tidak mudah terbukti dari 380 PDAM yang dilanilai BPPSPAM hanya 8 PDAM yang menyediakan layanan tersebut. Salah satunya adalah PDAM Kabupaten Bogor yang telah menerapkannya sejak tahun 2009 dan sampai sekarang masih terpelihara.

Adapun  BUMD lain yang sudah menerapkan ZAMP yaitu PDAM Malang, PDAM Tirtanadi Medan, PDAM Kota Tangerang,  PDAM Kota Bogor, PDAM Buleleng, PDAM Intan Banjar dan PDAM Padang Panjang.

Petani Sawit Dihimbau Beli Bibit Bersertifikat

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Iskandar
 
×
×