logo


Banyak Instansi Negara Tak Jalankan Rekomendasi Ombudsman, Mahfud Md: Saya Jadi Sedih

Simak berita selengkapnya

27 November 2019 14:18 WIB

pose Mahfud MD (@mohmahfudmd)
pose Mahfud MD (@mohmahfudmd)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud Md menyebut beberapa lembaga telah meyepelekan Ombudsman RI. Dia terlihat kesal dikarenakan rekomendasi Ombudsman tak diindahkan oleh instansi.

“Saya menjadi sedih, sangat sedih juga ketika mendengar banyak laporan pelanggaran administrasi, banyak lemahnya pelayanan publik, banyak vonis-vonis yang tak dieksekusi, banyak laporan yang mentah di tangan administrasi pemerintahan,” kata Mahfud Md dalam acara ‘Seminar Propartif dan Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tahun 2019’ di Jakarta, Rabu (27/11).

Menurutnya, ada beberapa instansi negara yang tak menjalankan rekomendasi dari Ombudsman. Ia menyayangkan jika lembaga tersebut tak berfungsi sebagaimana mestinya.


Mapel Pancasila Penting, Hidayat Nur Wahid: Keteladanan Lebih Efektif Daripada Ribuan Kata-kata

Pembentukan Ombudsman selepas Orde Baru, lanjut Mahfud, bertujuan untuk mengarahkan proses pemerintahan yang bersih dari tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme. Selain itu, Ombudsman juga berperang sebagai jembatan bagi masyarakat untuk mengeluarkan aspirasi terhadap pemerintah.

“Ombudsman ini harus dipandang sebagai satu institusi yang ingin membantu pemerintah ketika pemerintah itu ada kesenjangan dengan rakyat. Karena terlalu sibuk tahu mungkin karena terlalu koruptif sistemnya lalu di sini ada Ombudsman yang menengahi,” ujar Mahfud.

Soal Pernyataan 'Jakarta Kayak Kampung' Mendagri, Anies Baswedan: PR bagi Kita untuk Percepat Transformasi

Halaman: 
Penulis : Iskandar