logo


Mendampingi Ahok Jadi Komisaris, Budi Gunadi Akan Fokus Bebenah Pertamina

Simak berita selengkapnya

27 November 2019 13:10 WIB

Budi Gunadi Sadikin.
Budi Gunadi Sadikin. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Resmi ditunjuk menjadi Wakil Komisaris Utama (Wakomut) PT Pertamina (Persero), Budi Gunadi Sadikin mengaku akan membenahi beberapa masalah krusial perusahaan mulai dari sistem penghasil energi, produksi, dan distribusinya.

Budi juga mengatakan pihaknya akan mendorong untuk penggunaan energi alternatif terbarukan lokal sehingga bisa menggantikan energi yang dihasilkan dari fosil yang selama ini jadi tumpuan energi nasional.

"Saya memang masih baru, baru dua hari, tapi yang mungkin harus diubah sedikit yakni energi sistemnya dari produksi dan distribusinya," ujar Budi pada acara Pertamina Forum di Jakarta (27/11).


Intip Serunya Pertamina Energi Negeri, Karyawan Belajar Bareng Siswa di Sekolah Dreamable

"Sebagai gantinya kita punya large produksi energi yang terintegrasi kayak nuklir, atau coal [batu bara]," imbuhnya.

Selain itu pria yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN ini juga mengungkapkan bisa juga digunakan energi surya atau solar panel pada wilayah yang terpencil atau remote area dan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT). Pada prinsipnya efisiensi dan kedekatan sumber energi harus diperhatikan.

"(Intinya) apa itu paling efisien. Di Eropa misalnya bekas PLTU dari coal base [berbasis energi batu bara] jadi biomass base [berbasis biomassa]. Mungkin itu lebih pas karena local source-nya ada. Jadi EBT enggak harus solar [panel surya] atau wind [energi angin] tapi yang lokal saja," jelasnya lagi.

Dia mengungkapkan energi adalah isu krusial dan Indonesia harus menemukan energi dengan sistem baru sehingga energi bisa dimanfaatkan sebanyak mungkin untuk kepentingan masyarakat di masa yang akan datang.

Jadi Komut Pertamina, Ahok: Saya Tidak Tahu Maksud Mafia Migas itu Apa?

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata