logo


Dihadapan ASN Kemenag DKI, Menag Ceritakan Gaya Kepemimpinan Rasulullah SAW

Simak berita selengkapnya

27 November 2019 11:30 WIB

Dok. Kemenag
Dok. Kemenag
dibaca 182 x

Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi mengisi acara pembinaan Pegawai dan Evaluasi penyerahan penyerapan anggaran tahun 2019 di Aula Jayakarta, Kantor Wilayah Kemenag DKI Jakarta.

Menag menyampaikan pada prinsipnya semua orang adalah pemimpin di levelnya masing-masing. Seorang ASN dan pegawai harus berfikir bahwa pemimpin itu bukan hanya Presiden dan Menteri Agama.

"Kita disiapkan staf tolong diperhatikan saran staf selama itu masuk akal," ujar Menag, Rabu (27/11).


Menguak Simbol Mengerikan Dibalik Lagu Madonna - Frozen dan Karl Mayer

Pria kelahiran Aceh tersebut juga menceritakan soal perang Badar dihadapan ratusan ASN Kemenag DKI. Hal tersebut terkait pemimpin yang mau mendengar saran staf atau bawahan. Saat itu Rasulullah mau mendengar saran sahabat dalam memilih lokasi strategis sehingga Perang Badar dimenangkan oleh umat muslim. Begitu juga saat perang Parit di Madinah. Rasulullah kembali mau mendengar dan saran sahabat untuk membangun parit sehingga pasukan Quraish kalah telak dalam perang tersebut.

"Meski mau mendengar saran staf dan bawahan, pemimpin itu harus cerdas dan smart. Hal ini dibuktikan oleh Rasullah saat perjanjian Hudaibiyah," jelas Menag.

Menurut Menag saat Hudaibiyah, banyak sahabat menolak perjanjian itu dengan alasan akan merugikan umat muslim. "Namun dengan kecerdasan yang dimiliki Rasulullah, saran tersebut ia tolak dan tetap dengan pendirian. Dan terbukti perjanjian itu menguntungkan umat Islam," pungkasnya.

Ia juga menambahkan, selain mau mendengar saran bawahan serta cerdas dalam mengambil keputusan, pemimpin juga mesti adil dan tidak korupsi. Di akhir sambutannya Menag meminta kepada ASN Kemenag untuk menjadi garda terdepan dalam menunjukan sikap disiplin, menangkal radikalisme dan menyejukan umat lewat dakwah Moderasi Beragama dan sikap toleransi.

 

Ditulis oleh: danny wahyudi

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Pekerjaan Penuh Risiko dengan Gaji Selangit, Ada yang Sampai 5 Miliar!

Halaman: 
Admin : Aurora Denata