logo


Pertamina Dukung Ibu-ibu Bikin PUB'G

Simak berita selengkapnya

26 November 2019 14:21 WIB

Pangan Untuk Balita di Gerem Gerogol Cilegon
Pangan Untuk Balita di Gerem Gerogol Cilegon istemewa

BANTEN, JITUNEWS.COM -  PT Pertamina (Persero) melalui Integrated Fuel Terminal Tanjung Gerem mengajak para ibu dan kader kesehatan  membuat PUB’G di Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon, Selasa (26/11/2019). PUB'G adalah kepanjangan dari Pangan Untuk Balita di Gerem, yakni makanan olahan bergizi tinggi yang berasal dari sayuran hidroponik.

"Untuk memberi nilai tambah, setelah budidaya tanaman dan lele berhasil, kami menggandeng para ibu dan kader kesehatan di sekitar Kec Gerogol, untuk membuatan makanan olahan bergizi dari hasil budidaya ini," kata Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami di Banten, Selasa (26/11).

Dia menjelaskan, hasil budidaya hidroponik dapat diolah menjadi makanan yang menarik bagi semua umur, terutama bagi balita yang biasanya sulit makan sayur.  Berbagai makanan sehat dan enak kini tersaji, jus pakcoy, kerupuk sayur dengan varian rasa terkini, baso sayur, nugget gizi, dan makanan olahan lainnya.


Ma'ruf Amin Sebut Kondisi Pangan Ironis, Demokrat ke Jokowi: Ini Ada Kritik dari Ulama Besar

Para ibu dan kader kini berjumlah 17 orang, tergabung dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPKK) Hidroponik. Pertamina pun menggandeng berbagai institusi diantaranya Dinas Kesehatan Kota Cilegon dan Puskesmas Kec Grogol, untuk mengembangkan makanan olahan supaya nilai gizinya semakin seimbang.

Ibu Uswatun Hasanah (42thn), salah satu kader kesehatan, merasa bangga bisa menjadi bagian dari UPKK Hidroponik. Memasak menjadi salah satu kegemarannya, tapi siapa sangka ternyata juga memiliki manfaat besar bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

 

Penyumbang Terbesar Penanaman Modal Dalam Negeri, Investasi Sektor Pangan Minim

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati