logo


Peringati Hari Guru, DPR RI Minta Perlindungan Terhadap Guru Ditingkatkan

Simak berita selengkapnya

25 November 2019 17:11 WIB

Jokowi
Jokowi Twitter @jokowi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi III DPR RI, Aboebakar Alhabsyi mengatakan masih banyak catatan kelam terhadap perlindungan hukum untuk guru di Indonesia.

Menurutnya, masih banyak guru yang harus berhadapan dengan meja hijau setelah menghadapi persoalan hukum akibat proses pendidikan.

“Seharusnya hal sedemikian tidak boleh terjadi lagi. Perlindungan terhadap profesi guru sendiri sudah diakui dalam PP Nomor 74 Tahun 2008. Menurut pasal 39 ayat 1 Pada PP tersebut dikatakan bahwa dalam mendidik, mengajar, membimbing hingga mengevaluasi siswa, maka guru diberikan kebebasan akademik untuk melakukan metode-metode yang ada,” kata Aboebakar di Jakarta, Senin (25/11).


Perhatikan! Ini Perbedaan Jokowi dan Prabowo di Hari Guru Nasional! Hijau Untuk...

Politisi PKS itu menambahkan di dalam pasal 40 PP tersebut juga dikatakan bahwa Guru berhak mendapat perlindungan dalam melaksanakan tugas dalam bentuk rasa aman dan jaminan keselamatan dari pemerintah.

“Seharusnya rasa aman dan jaminan keselamatan tersebut diperoleh guru melalui perlindungan hukum, profesi dan keselamatan dan kesehatan kerja,” kata dia.

“Hal ini ditegaskan kembali pada pasal 41 PP yang sama, di mana dikatakan bahwa Guru berhak mendapatkan perlindungan hukum dari tindak kekerasan, ancaman, perlakuan diskriminatif, intimidasi, atau perlakuan tidak adil dari pihak peserta didik, orang tua peserta didik, masyarakat, birokrasi atau pihak lain,” imbuhnya.

Dalam hal ini, Aboebakar mengajak para penegak hukum untuk memperhatikan kaidah hukum tersebut.

“Jika memang ada persoalan dilapangan, aparat bisa mengedepankan untuk melalukan restorativ justice, atau penyelesaian diluar pengadilan,” kata Aboebakar.

“Selamat hari guru, mari berikan perlindungan hukum untuk mereka agar bisa mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkasnya.

Jokowi Hadiri Peringatan Hari Guru di Stadion, Netizen: Lho, Kok Sepi Pak?

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Trisna Susilowati