logo


Perlukah Menyekolahkan Anak ke PAUD? Begini Menurut Ahli

Simak ulasannya

25 November 2019 15:38 WIB

Ilustrasi anak PAUD
Ilustrasi anak PAUD Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Beberapa orang tua beranggapan menyekolahkan anak ke PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) tidak begitu penting. Namun baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting bagi perkembangan anak.

Dilansir dari healthline, Jumat (4/10/2019), Chicago School Readiness (CSRP) melakukan penelitian selama 10 tahun dan meneliti 466 anak dari berbagai ras dan etnis. Hasilnya menyatakan bahwa aktivitas di PAUD bisa melatih perkembangan anak kearah positif, dan berpengaruh juga terhadap pendidikan ditinggat  setelahnya.

Seorang dokter perkembangan perilaku P.Gail Williams menyebutkan PAUD memiliki banyak manfaat. Anak-anak akan lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungannya. Anak-anak lebih mudah bergaul, dan lebih memahami arti memberi dan menerima. Hal itu sangat penting bagi pertumbuhan anak.


Protes! Guru TIK Harapkan Ini ke Mendikbud Nadiem Makarim

Berdasarkan peniltian, PAUD juga akan berpengaruh terhadap proses belajar  yang akan datang pada pendidikan atau sekolah dasar. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), kemiskinan, ras dan trauma dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Sehingga untuk mengatasinya perlu diberikan pendidikan anak usia dini  yang berkualitas.

Sebagai orang tua tentunya ada beberapa pertimbangan sebelum anak masuk PAUD. Pilihlah PAUD yang berkualitas yang bisa mendukung tumbuh kembang anak. Selain itu perlu dipertimbangkan biaya PAUD. Pilihlah PAUD yang sesuai dengan kemampuan sehingga tidak memberatkan pengeluaran. Mengingat biaya PAUD sebagian besar justru lebih mahal.

Anak Susah Makan? Yuk Cari Tahu Penyebabnya

Halaman: 
 
×
×