logo


Wapres Ma'ruf Amin: Ulama Harus Menjadi Tokoh Perubahan

Simak berita selengkapnya

25 November 2019 12:02 WIB

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma\'ruf Amin.
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin. Istimewa

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengimbau para ulama agar mengikuti tauladan Rasulullah Muhammad SAW dalam menata masyarakat. Hal itu disampaikannya saat menghadiri peringatan Maulid Kanjeng Nabi Muhammad SAW di Ndalem Habib Hilal Alaidid, Kota Yogyakarta pada Minggu (24/11) malam.

“Rasulullah berhasil membangun tatanan masyarakat yang baik dan membuang yang mungkar,” ujar Ma’ruf Amin.

Menurut dia, Rasulullah Muhammad melakukan perubahan menakjubkan itu hanya dalam kurun waktu 23 tahun. Maka ulama sebagai pewaris nabi, lanjut Ma'ruf Amin, wajib melanjutkan perubahan tersebut.


Wapres Ma'ruf Amin: Jangan Sampai Masjid Jadi Tempat Menyampaikan Sumpah Serapah

"Ulama harus menjadi tokoh perubahan," tegasnya.

Ma'ruf Amin juga memperingatkan ulama bahwa ada hal-hal yang patut diwaspadai di era perubahan kultur luar biasa atau zaman 4.0 ini. Dia berpendapat, kecenderungan perubahan saat ini adalah menghabisi atau mendisrupsi apapun yang lama.

Dalam konteks kebangsaan dan kenegaraan, dia berpesan, sebaiknya tidak merombak dan menjungkirbalikkan semua hal yang sudah disepakati oleh para pendiri bangsa.

"Itu harus kita sangkal. Jangan sampai yang lama itu, yang baik-baik itu hilang. Kita punya kesepakatan Pancasila, NKRI. Kita tidak boleh menghilangkan itu," kata Ma’ruf Amin.

Layanan Terbaru! Pertamina Kenalkan Pertamina Delivery Service di Wilayah Jawa Bagian Barat

Halaman: 
Penulis : Iskandar