logo


Tips Mengatur Keuangan Agar Akhir Bulan Tidak Terasa Pahit

berikut penjelasannya

23 November 2019 12:59 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Seringnya, manajemen keuangan yang tidak tepat adalah penyebab keuangan terutama pada akhir bulan terasa begitu pahit. Untuk itu, perhatikan empat tips manajemen keuangan ini agar anda masih dapat memenuhi kebutuhan hingga gajian selanjutnya.

1. Menabung

Setelah menerima gaji di awal bulan, sebaiknya jangan langsung membeli barang yang diinginkan. Sebaliknya, sisihkan pendapatan anda untuk ditabung. Selain itu, kebiasaan ini membuat anda dapat mengatasi masalah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Wajib Baca! Inilah 5 Tips Mudah untuk Cegah Jerawat di Wajah

2. Buat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas adalah hal yang sangat penting sebelum membelanjakan uang anda. Prioritaskan kebutuhan yang sangat mendesak terlebih dahulu dan tundalah untuk membeli kebutuhan yang kurang mendesak. Anda dapat mengontrol pengeluaran anda setiap bulannya.

3. Catat Pengeluaran Harian

Membuat catatan pengeluaran merupakan satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Dengan ini, anda dapat mengamati dan memantau untuk apa saja uang yang anda terima saat gajian. Hal ini juga memudahkan anda untuk menyusun rencana anggaran bulan depan.


4. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Simpan gaji anda dalam rekening dan ambillah secukupnya dalam dompet. Dengan membawa uang tunai secukupnya, secara tidak langsung akan membuat anda lebih bisa mengontrol dan membatasi pengeluaran uang. Selain itu, membawa uang secukupnya membuat pengeluaran yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Hobi Naik Gunung Ternyata Bagus Buat Kesehatan, Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia