logo


Truk Listrik Buatan Tesla, Akselerasi Sekelas Supercar, Harganya Nggak Sampai Rp 1 M

berikut penjelasannya

23 November 2019 09:51 WIB

engadget

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat, Tesla baru-baru ini secara resmi telah meluncurkan mobil listrik terbaru. CEO Elon Musk menyebut, truk pikap listrik tersebut hadir dalam tiga versi ketahanan baterai, yakni 400 km, 480 km, dan 800 km. Tentu saja, kehadiran alat transportasi ‘jenis baru’ milik Tesla ini adalah sebuah langkah untuk menciptakan Bumi yang lebih hijau mengingat motor listrik tidak mengeluarkan emisi.

Dilansir dari Engadget (22/11), kendaraan yang diberi nama Cybertruck ini mampu melaju dari nol hingga 100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik. Akselerasi ini bisa dikatakan setingkat dengan sedan supercar. Tidak hanya itu saja, mobil listrik dengan desain truk pikap ini juga diklaim mampu menarik beban hingga 6,3 ton pada varian model baterai 800 km atau varian tertinggi.

Versi tertinggi ini didukung dengan tiga motor listrik dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) yang mampu menempuh jarak hingga 800 km. Model varian tertinggi ini dibanderol sebesar USD69.900 (Rp985 juta).


Gunakan Alat Ini untuk Mencegah Pencurian Kendaraan Bermotor

Sementara itu, sama seperti varian tertingginya, versi 480 km juga memiliki sistem penggerak AWD namun hanya memiliki motor listrik ganda. Penggunaan motor listrik ganda ini membuat Cybertruk yang memiliki daya jelajah hingga 480 km ini mampu mengangkut beban hingga 4,5 ton dan berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 6,5 detik. Untuk harganya, varian 480 km ini dibanderol sebesar USD49900 (Rp703 juta)

Sedangkan untuk varian terendahnya, yakni versi 400 km, hanya memiliki motor listrik tunggal serta mengandalkan penggerak roda belakang. Tipe terendah ini mampu mengangkut beban hingga 3,5 ton dengan kemampuan akselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam waktu 6,5 detik, dan dibanderol dengan harga USD39.900 (Rp562 juta).

Dilansir dari laman The Verge, truk pikap listrik Cyberpunk dapat menampung hingga enam orang dan untuk body luarnya, truk ini menggunakan bahan stainless-steel yang sangat kuat.

4 Hal yang Wajib Dipahami Sebelum Memodifikasi Kendaraan Bermotor

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia