logo


Forum Merdeka Barat: Perlukah Sertifikasi Pranikah?

Simak berita selengkapnya

22 November 2019 18:56 WIB

Forum Merdeka Barat 9
Forum Merdeka Barat 9 jitunews/Nurman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Usulan sertifikasi pernikahan yang digagas oleh Kementerian Koordinator bidang Pembangunan dan Kebudayaan (PMK) dan Kementerian Agama (Kemenag) menjadi ramai diperbincangkan dan menjadi pro-kontra di tengah masyarakat.

Dalam acara Forum Merdeka Barat yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika menghadirkan beberapa narasumber terkait hal tersebut.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, menggap perlu adanya sertifikasi pra-nikah. Hasto mengungkapkan bahwa pihaknya sangat berkonsentrasi pada urusan kesehatan reproduksi pada calon pengantin.


Apresiasi Menko PMK, Tim Penyusun Modul Perkawinan Dukung Kursus Pranikah

Hal senada diungkapkan Direktur bina KUA & Keluarga Sakinah Kementerian Agama Mohsen mengatakan sertifikasi ini penting mengingat bimbingan pranikah ini sangat penting dilakukan untuk pasangan yang akan menikah.

Deputi Bidang Koordinasi Perempuan dan Anak Kemenkop PMK, Ghafur Dharmaputra, menegaskan bahwa sertifikasi pranikah ini adalah kebutuhan setiap mempelai pengantin yang akan menikah

"Ini bukan soal perlu sertifikasi atau tidak tetapi ini adalah kebutuhan jadi jangan lihat sertifikatnya," ujar Ghafur.

Soal kewajiban sertifikasi ini Ghafur menyatakan sedang dalam proses pengkajian.

"Kami sedang mempersiapkan bersama lembaga teknis lainnya, jangan sampai kita ini mau memberikan suatu bekal justru merepotkan," pungkasnya.

Muhadjir Berharap Peserta Ekspedisi Bakti Pemuda PMK Jadi Kader Perubahan

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Trisna Susilowati