logo


Pernah Dipakai World Surf League, Pantai Watu Karung Jadi Rekomendasi Bagi Para Surfer

berikut penjelasannya

22 November 2019 15:40 WIB

tahiti tourism

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Olahraga surfing di Indonesia tentu tidak bisa lepas dari Pulau Bali. Namun, perlu diketahui, selain Bali, Pantai Plengkung Banyuwangi dan Pantai Cimaja Pangandaran, Pulau Jawa juga memiliki satu pantai lain yang sangat direkomendasikan bagi pecinta olahraga ekstrim tersebut yakni Pantai Watu Karung di Pacitan, Jawa Timur.

Sudah diketahui sebelumnya Pacitan juga memeiliki dua pantai lain yang sudah dulu tenar sebagai lokasi surfing yakni Pantai Serau dan Pantai Pancer. Peselancar pemula dan profesional disebut banyak yang menunggangi ombak di kedua pantai tersebut.

Namun, khusus untuk peselancar profesional yang ingin merasakan gulungan ombak yang lebih ekstrim dan menantang, bisa menuju ke Pantai Watu Karung. Konon, ombak di Pantai Watu Karung bisa mencapai empat meter. Hal ini dikarenakan posisi pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.


15 Destinasi Terbaik di Dunia 2019 Hasil Survey Situs Travel + Leisure, Indonesia Hadir

Bahkan, saking menantangnya ombak di pantai tersebut, pihak penyelenggara ajang Surfing kelas dunia yakni World Surf League memilih Pantai Watu Karung sebagai salah satu lokasi kejuaraan dunia tersebut pada tahun 2017.

Mengutip dari CNN Indonesia, jenis ombak yang ada di pantai ini bertipe reef break. Di waktu-waktu tertentu, ombaknya bisa menjadi tipe barrel.

Pesona Pantai Watu Karung nyatanya tidak hanya menarik perhatian pecinta surfing saja. Dikabarkan banyak juga bodyboarder yang datang hanya untuk menjajal ombak Pantai Watu Karung.

Untuk lokasinya, Pantai Watu Karung terletak di Dusun Ketro, Kecamatan Pringkuku, kurang lebih 45 menit perjalanan kendaraan bermotor dari pusat kota Pacitan.

Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 14 Juta, Kepala Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores: Konsepnya Belum Disepakati

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia