logo


Terungkap! Begini Penjelasan Gaji PNS DKI Sampai Rp20 Juta

Simak berita selengkapnya

22 November 2019 16:00 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) banyak yang menginginkan menjadi PNS di DKI Jakarta lantaran gajinya bisa mencapai Rp20 juta per bulan.

Menanggapi hal tersebut Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, menyatakan hal tersebut adalah wajar, karena gaji tersebut sudah termasuk tunjangan kerja yang berbeda setiap daerah. Tunjangan kerja tersebut sudah disesuaikan dengan kemampuan setiap daerah.

"Karena di UU itu semua sistem tunjangan-tunjangan kinerja itu ada kalimat disesuaikan dengan kemampuan daerah. Jadi kalau tunjangan kinerja seorang camat, seorang kepala kelurahan, guru, seorang dokter puskesmas di DKI lebih tinggi dari daerah lain saya kira wajar. Sama juga seperti daerah di tingkat II Badung, Kutai Kartanegara, itu yang PAD tinggi karena sumber anggaran dari pajak dan PNBP tinggi, dia bisa berikan kontribusi yang besar. Di Bandung itu seluruh murid dikasih laptop, misalnya begitu. Guru-guru ditingkatkan tunjangannya," kata Tjahjo saat ditemui di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (21/11).


Baru 2 Bulan Diresmikan Anies Kini Jalur Sepeda Dibongkar, Netizen: Dibohongin Sama...

Tjahjo berpendapat sebetulnya gaji PNS di semua daerah bisa diseragamkan. Namun hal tersebut harus dilakukan perubahan Undang-Undang. Kementrian PANRB sendiri belum menjadikan penyeregaman gaji PNS sebagai hal yang prioritas.

"Kita belum arah sana (penyeragaman dan tunjangan PNS daerah). Kita jangka pendek ini menata reformasi birokrasi secara keseluruhan dan hirarkis," pungkasnya.

 

Warga Sebut Janji Anies Baswedan Palsu, Cek Faktanya Ini Janji Saat Kampanye 2017

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati