logo


Gugat Anies Baswedan, OC Kaligis Minta Ganti Rugi Sebesar...

berikut penjelasannya

22 November 2019 11:07 WIB

Anies Terapkan aturan PKL boleh berjualan di trotoar
Anies Terapkan aturan PKL boleh berjualan di trotoar detikNews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengacara senior OC Kaligis menggugat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Pasalnya, OC Kaligis merasa rugi Rp 1 juta setelah Anies menunjuk eks pemimpin KPK Bambang Widjajanto sebagai anggota Tim Gabungan untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Berdasarkan laman daring PN Jakpus, yakni pn-jakartapusat.go.id, OC Kaligis melayangkan gugatan tersebut pada 12 Juli 2019, dengan pokok perkara perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pihak tergugat. Gugatan tersebut terdaftar dengan nomor perkara 397/Pdt.G/2019/PN Jkt.Pst.

"Mengabulkan gugatan yang diajukan oleh penggugat untuk seluruhnya. Menyatakan tergugat telah melakukan perbuatan melawan hukum," demikian petitum yang dikutip dari Suara.com, Kamis (21/11/2019).


Bela Anies Baswedan Terkait Penggusuran Sunter, PKS: Ada Politisasi untuk Menyudutkan Gubernur

Dalam gugatannya, OC meminta Anies untuk segera mencopot BW dari jabatan Ketua Komite Pencegahan Korupsi TGUPP.

"Menghukum tergugat untuk memberhentikan Bambang Widjojanto sebagai Ketua Komite Pencegahan Korupsi," tambahnya.

Selain itu, OC juga meminta Anies untuk memberi ganti rugi dirinya senilai Rp 1 juta.

"Bahwa sebagai akibat dari Perbuatan Melawan Hukum yang dilakukan oleh tergugat, maka penggugat mengalami kerugian materiil sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah)," demikian petitum OC Kaligis.

Sidang gugatan perdata Kaligis terhadap Gubernur DKI Jakarta tersebut sebenarnya sudah digelar sejak 6 Agustus lalu dimana Sidang kedua dilaksanakan pada 27 Agustus 2019. Sidang selanjutnya dilaksanakan pada 10 September dengan agenda pemanggilan Anies Baswedan untuk mediasi.

Dilanjut dengan sidang pada 31 Oktober dengan agenda pembacaan hasil mediasi di sidang sebelumnya yang menyatakan bahwa hasil mediasi tersebut gagal.

Sidang kembali digelar dengan agenda jawaban tergugat pada pada 12 November dan nantinya Sidang keenam akan digelar dengan agenda pembacaan replik di PN Jakpus pada 26 November 2019 mendatang.

Warga Sebut Janji Anies Baswedan Palsu, Cek Faktanya Ini Janji Saat Kampanye 2017

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia