logo


Kapusdiklat Industri Kemenperin Memberi Arahan, SMK-SMTI Makassar Disamping Penciptaan Tenaga Kerja Industri Juga Menciptakan Wirausaha Industri Baru

Simak berita selengkapnya

20 November 2019 21:59 WIB

Kapusdiklat Kemenperin Kunjungi SMK-SMTI Makassar, Rabu (20/11)
Kapusdiklat Kemenperin Kunjungi SMK-SMTI Makassar, Rabu (20/11) Doc Jitunews

MAKASSAR, JITUNEWS.COM - SMK-SMTI Makassar menerima kunjungan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian, Jonni Afrizon pada Rabu (20/11).

Didampingi Arief Fadillah selaku Kepala Bidang Pelatihan Sumber Daya Manusia Industri, kunjungan tersebut dalam rangka monitoring pelaksanaan sistem pembelajaran di SMK SMTI Makassar. Kapusdiklat Industri menilai bahwa secara keseluruhan sistem pembelajaran berjalan dengan baik sesuai konsep pembelajaran Dual System.

“Pelaksanaan pendidikan saat ini harus fokus terhadap kompetensi yang akan dimiliki oleh peserta didik. Pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan contohnya selain mengetahui teori dasar, Peserta Didik wajib dibekali kompetensi teknis mengenai cara mendirikan usaha mulai dari perizinan usaha, mendesain produk, melakukan produksi hingga melakukan pemasaran. Dengan kompetensi tersebut siswa diharapkan mandiri setelah menempuh pendidikan di SMK-SMTI Makassar,” kata Jonni Afrizon.


Investor Jepang Komitmen Tanamkan Rp40 Triliun di Bidang Industri Manufaktur

Saat ini, selain menciptakan tenaga kerja industri yang kreatif, inovatif, kompeten, dan siap kerja SMK-SMTI Makassar juga fokus dalam penumbuhan wirausaha baru khususnya di bidang produk pangan. Ini dibuktikan dengan adanya Teaching Factory bidang pengolahan produk kakao dan rumput laut.

“Adanya pembelajaran di teaching factory SMK-SMTI Makassar yang memiliki alat yang lengkap dengan kapasitas produksi yang besar akan sangat membantu peserta didik dalam menemukan passion menjadi wirausaha karena peserta didik sudah terbiasa menerima pesanan, melakukan produksi dan memasarkan produk yang mereka buat,” imbuh Jonni Afrizon

Dalam kunjungan tersebut Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri juga mengunjungi Laboratorium Mekatronika SMK-SMTI Makassar, pada kesempatan tersebut Kapusdiklat Industri berdiskusi dengan guru dan siswa yang sedang melakukan praktek mikrokontroler, wiring, gambar teknik, elektronika dasar dan kelistrikan. Saat ini SMK-SMTI Makassar memiliki tiga jurusan diantaranya Kimia Industri, Pengawasan Mutu dan Teknik Mekatronika.

Juara PPID, SMK-SMTI Makassar Dapat Penghargaan dari Staf Ahli Menteri Perindustrian

Halaman: 
Penulis : Iskandar