logo


Hobi Naik Gunung Ternyata Bagus Buat Kesehatan, Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

berikut penjelasannya

20 November 2019 15:35 WIB

https://walterpinem.me

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mendaki atau naik gunung merupakan salah satu kegiatan menantang sekaligus menyenangkan. Alasan terkuatnya adalah keindahan alam dan udara yang segar. Disamping itu, menurut situs halodoc.com, kegiatan ini juga membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun perlu dipahami, sebelum melakukannya, sebaiknya persiapkan kondisi fisik dan juga mentalmu dengan baik. Selain itu, kamu juga perlu memahami kondisi medan yang akan kamu tempuh untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu senang dengan kegiatan ini.


Enjoy Ditengah Kesibukan? Simpel kok, Begini Caranya

1. Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Perjalanan mendaki tentu menguras stamina. Medan dan jalur yang menanjak akan membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari aktivitas kamu biasanya. Udara yang segar dan bebas dari polusi jelas membawa dampak positif buat tubuh kamu. Pasokan oksigen dan peredaran darah dalam tubuh juga akan meningkat sehingga bisa memperkecil risiko penyakit jantung dan stroke.


2. Mengurangi Stres dan Membuat Hidup Lebih Bahagia

Padatnya jadwal pekerjaan sehari-hari jelas berdampak terhadap tingkat stres seseorang. Pemandangan indah yang ditawarkan saat pendakian akan membantu kamu untuk menghilangkan segala kepenatan pekerjaan, mengurangi stres dan membuat hidup kamu menjadi lebih bahagia.

3. Memperkuat Otot Kaki

Medan yang berat, menanjak dan berbatu, jelas akan melatih otot kaki kamu semakin kuat.

4. Daya Ingat Lebih Kuat

Menempuh medan terjal dengan rute yang jarang dilalui membuat otakmu bekerja lebih. Ketepatan Insting dan manajemen emosi sangat dibutuhkan untuk mengingat rute yang ditempuh. Jika hal tersebut sering dilatih, daya ingat dan memorimu akan menjadi semakin tajam.

5. Tulang Lebih Padat

Latihan seperti jalan kaki, menaiki tangga dan berjemur sinar matahari adalah beberapa cara untuk membuat tulang menjadi lebih kuat dan padat sehingga terhindar dari Osteoporosis. Dengan mendaki gunung, kamu bisa melakukan ketiga hal tersebut sekaligus.

Tiket Masuk Pulau Komodo Rp 14 Juta, Kepala Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores: Konsepnya Belum Disepakati

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia