logo


Jarang Diketahui, Ini Penyebab Diabetes pada Anak

Simak ulasannya

20 November 2019 15:45 WIB

Ilustrasi anak sakit
Ilustrasi anak sakit kveller.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penyakit diabetes ternyata tidak hanya menyerang pada orang dewasa saja. Diabetes juga rentan terjadi pada anak-anak. Gaya hidup masa kini dengan pola makan tingi gula seolah sudah menjadi hal yang biasa pada anak-anak.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan kejadian diabetes melitus (DM) pada anak usia 0-18 tahun mengalami peningkatan sebesar 700 persen dalam kurun waktu 10 tahun. Hal tersebut menjadi keprihatinan tersendiri bagi orang tua. Namun bunda tak perlu khawatir, diabetes pada anak bisa dicegah sejak dini. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati. Yuk bunda kenali  penyebab diabetes pada anak.

1. Kurang aktivitas fisik


Gawat! Ini yang Terjadi Jika Anak-anak Sering Terpapar Polusi Udara

Anak yang kurang melakukan aktivitas fisik biasanya akan cenderung menjadi obesitas. Obesitas ini menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit diabetes. Yuk bunda ajak anak kita melakukan aktivitas fisik bersama.

2. Pola makan yang salah

Anak-anak pada umumnya suka makan-makanan yang manis. Kandungan gula yang tinggi justru akan mengganggu fungsi pankreas. Sebaiknya variasikan menu makanan untuk anak.

"Di masa pertumbuhan, anak masih membutuhkan asupan yang beragam, untuk memenuhi kebutuhan perkembangan. Ketika menyiapkan menu makanan anak, biasakan untuk membagi piring makan dalam 3 bagian, 50 persen diisi sayuran dan buah, 25 persen diisi dengan karbohidrat, sedangkan 25 persen sisanya diisi dengan pprotein seperti daging atau telur," ungkap ahli gizi Emilia Achmadi MS., RD.

3. Mitos mengenai makanan

Mitos orang Indonesia "Belum dikatakan makan kalau belum makan nasi". Justru mengkonsumsi nasi atau karbohidrat dalam jumlah tinggi akan menyebabkan kadar glukosa dalam tubuh menjadi tinggi. Sebaiknya sumber karbohidrat bisa divariasikan dengan menu yang rendah glukosa seperti gandum, kentang, ubi, dan jagung.

Jangan Asal Tidur!! Penderita Jantung dan Diabetes Gak Boleh Tidur dengan.....

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati