logo


Ini Tahapan Penyaluran Dana Desa

Ada 3 tahap penyaluran simak uraiannya!

20 November 2019 11:11 WIB

Ilustrasi Alokasi Dana Desa
Ilustrasi Alokasi Dana Desa Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dana Desa merupakan program pengembangan pedesaan. Dana yang peruntukannya langsung diberikan kepada desa dari Pemerintah Pusat. Dari catatan Kementerian Keuangan pada tahun 2019 ini dialokasikan sekitar Rp70 triliun untuk 74.953 desa. Data desa ditentukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (Dirjen PK) Astera Primanto Bhakti mengatakan tugas Kemenkeu hanya menyalurkan Dana Desa berdasarkan data yang ditentukan Kemendagri dan di Kemenkeu ada 2 Direktorat Jenderal yang menangani masalah ini

"Tugas Kementerian Keuangan adalah menyalurkan Dana Desa. Di Kementerian Keuangan ada 2 Direktorat Jenderal terkait, yaitu Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) yang mengatur kebijakannya dan operasionalnya ada di Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) khusus Dana Desa dan DAK (Dana Alokasi Khusus) Fisik," jelas Astera Prima (19/11) di Kominfo, Jakarta.


Masih Diwarnai Penyimpangan, PMKRI Ruteng Bedah Pengelolaan Dana Desa

Dalam proses penyalurannya Dana Dasa ini melalui beberapa tahap yakni tahap pertama disalurkan 20%, secepatnya bulan Januari, selambatnya minggu ke-3 bulan Juni. Tahap kedua adalah 40% secepatnya bulan Maret, selambatya minggu ke-4 bulan Juni. Tahap ke-3, disalurkan 40% dibayarkan secepatnya bulan Juli, selambatnya pada bulan Desember.

Catatan 5 Tahun Jokowi-JK, Indonesia Sejajar dengan Negara-negara Maju

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman