logo


5 Jenis Bom yang Pernah Meneror Indonesia, No 2 Paling Dahsyat!

Simak ulasan selengkapnya

20 November 2019 10:37 WIB

https://fin.co.id/wp-content/uploads/2019/01/Ilustrasi-teror-bom-1.jpg
https://fin.co.id/wp-content/uploads/2019/01/Ilustrasi-teror-bom-1.jpg
dibaca 124 x

Indonesia diguncang teror bom bukan baru sekali atau dua kali. Sejak tahun 2002, bom pertama kali yang meneror Indonesia adalah bom bali 1. Bom terjadi mulai dari yang berdaya ledak kecil hingga besar. Terakhir, teror terjadi di halaman Markas Polrestabes Medan pada Rabu (13/11/2019) pagi.

Mau tahu jenis bom apa saja yang pernah digunakan teroris di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Bom TNT


Mendukung Program Prioritas Nasional, Mendagri Tito Karnavian: Stunting Adalah Masalah Bersama

Bom berjenis TNT (trinitrotoluena) seberat 1 Kg adalah bom yang digunakan pada peristiwa Bom Bali 2002.

Ledakan yang terjadi di depan Sari Club, Jimbaran, Kuta, Bali ini menelan korban 202 jiwa dan 209 orang luka-luka atau cedera, yang kebanyakan merupakan wisatawan asing.

2. The Mother of Satan

Jenis bom ini adalah salah satu yang sangat mematikan. Bom berjenis Three Asseton Three Poropsaid (TATP) ini memiliki daya ledak yang sangat dahsyat dan bisa membuat tubuh korban tercerai-berai. Daya ledak dari bom ini sendiri lebih besar dari pada bom TNT. Bom ini pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2015, saat teror bom di Mall Alam Sutera, Banten.

3. Bom Buku

Bom buku adalah bom yang menggunakan buku sebagai mediumnya. Cara teroris mengemas bom adalah dengan mengosongkan bagian tengah buku dan kemudian mengisinya dengan alat peledak. Bom buku ini biasanya dikirim ke alamat sasaran para teroris. Bom ini sempat meledak di Utan Kayu, Jakarta Timur, 15 Maret 2011. AKBP Dodi Rahmawa yang kala itu menjabat sebagai Kasat Reskrim Jakarta Timur menjadi korban dan harus kehilangan tangan kirinya.

Wow! Dua Organisasi Rahasia Super Elite yang Mengendalikan Dunia, Selain Illuminati dan Freemason

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma