logo


Terkait UU Pilkada, Komisi II DPR: Evaluasi Itu Penting

Simak berita selengkapnya

19 November 2019 18:34 WIB

Saan Mustofa
Saan Mustofa Detak.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustofa mengatakan Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada) akan dievaluasi.

Menurutnya, Revisi Undang-Undang (RUU) Pilkada akan tetap dimasukkan ke Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

“Terkait UU Pilkada, sampai hari ini wacana tentang Revisi itu, baru sebatas  lontaran-lontaran yang tidak resmi baik dari Mendagri maupun dari beberapa anggota DPR, tetapi sebagai bentuk untuk mengakomodir aspirasi dan sebagainya,” ujar Saan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (19/11).


Tangkal Aksi Terorisme, DPR Minta Kapolri Bekerja Sama dengan Mendagri

“Komisi II tetap memasukkan undang-undang Pilkada bagian dari hal yang akan dimasukkan ke Prolegnas. Apakah di Prolegnasnya di tahun 2020 atau yang akan datang,” lanjutnya.

Secara pribadi, Saan mengatakan bahwa UU Pilkada perlu dilakukan evaluasi agar UU itu semakin berkualitas dan semakin baik dari waktu ke waktu.

Evaluasi juga diharapkan mampu meningkatkan proses demokrasi, maupun dalam kerangka melahirkan pemimpin-pemimpin daerah yang lebih baik kedepannya.

“Evaluasi itu penting, nanti bagian-bagian mana saja yang dievaluasi itu akan kita lihat dari sisi-sisi selama ini titik-titik kelemahannya, misalnya ada banyak sebagian orang menganggap Pilkada langsung terlalu mahal, tinggi biaya politiknya, nanti kita lihat biaya politik yang paling mahal itu ada dimana saja,” pungkasnya.

Rizal Ramli Sebut Ahok 'Kelas Glodok', Anggota DPR Ini Bela Warga, "Kontribusi Mereka Buat Negara Tak Kalah..."

Halaman: