logo


PUPR Gandeng Kemenag dalam Pembangunan Kampus UIII Sebagai Kampus Penelitian Peradaban Islam

Simak berita selengkapnya

19 November 2019 18:43 WIB

Pembangunan Kampus UIII Sebagai Kampus Peradaban Islam
Pembangunan Kampus UIII Sebagai Kampus Peradaban Islam kemenpupr

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pemerintah melalui Kementrian Agama dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang membangun Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Komplek RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

UIII sebagai kampus masa depan untuk kajian dan penilitian peradaban Islam dibangun dalam Proyek Strategi Nasional sesuai Perpres No 57 Tahun 2016. Peletakaan batu pertama dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 Juni 2018.

Pembangunan kampus UIII dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama dikerjakan oleh Kementrian Agama sedangkan tahap kedua dikerjakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).


Jadi Menteri Pertama yang Akan Pindah ke Ibu Kota Baru, PUPR: Nikmat Ini Pak

Pada tahap pertama anggaran yang dikeluarkan yaitu sebesar Rp 714 miliar yang terdiri dari tiga paket. Paket 1 sudah berjalan 7,6% meliputi Gedung Rektorat, Gedung Fakultas A dan Plaza 3 Pilar. Paket  2 sudah berjalan 76,11% meliputi 5 unit Rumah Dosen, 1 Tower Asrama Mahasisa (pria). Sedangkan paket 3 sudah berjalan 45% meliputi pembangunan infrastuktur kawasan dan pagar keliling.

Pembangunan tahap kedua anggaran yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp 498 miliar. Pembangunan tahap ini meliputi pembangunan masjid kampus 2 lantai seluas 5.200 m2, perpustakaan 8 lantai seluas 16.556 m2 dan Asrama Mahasiswa 8 lantai seluas 12.815 m2. Kampus UIII ini direncanakan akan selesai dibangun pada Desember 2020 mendatang.

Resmi! Bertambah 189 km, Tol Trans Sumatera Ditargetkan Rampung 2024

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati