logo


Apresiasi Menko PMK, Tim Penyusun Modul Perkawinan Dukung Kursus Pranikah

Berikut pernyataan lengkapnya

19 November 2019 16:53 WIB

Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Terkait rencana peningkatan kualitas bimbingan pranikah, Menko PMK, Muhadjir Effendy, menerima tim penyusun modul bimbingan perkawinan untuk calon pengantin Kementerian Agama. Tim yang dipimpin Alissa Wahid ini sangat mendukung wacana Menko PMK untuk memberikan bimbingan pranikah kepada calon pengantin.

Dihadapan Muhadjir Effendy, Alissa Wahid mengapresiasi wacana Muhadjir untuk menyempurnakan dan memperkuat program bimbingan pranikah kepada calon pengantin. Menurutnya, dia dan Tim penyusun modul bimbingan perkawinan untuk calon pengantin Kementerian Agama sudah lama menanti kebijakan pemerintah dalam memberikan bimbingan pranikah kepada calon pengantin.

“Jujur saja, selama ini isu keluarga belum sentral jadi kebijakan pemerintah,” jelas Alissa, Selasa (19/11).


Soal Kursus Pranikah, MUI: Setuju Mau Diterapkan Tahun Ini

Sejak 2016, sebutnya, Kementerian Agama sudah ingin merevitalisasi kursus calon pengantin yang ada. Selama ini kursus calon pengantin yang berlangsung menjadi pertanyaan apakah sudah mampu menjawab tantangan zaman. Apalagi ketika itu, stunting belum menjadi isu utama. Disisi lain, KUA selama ini hanya menyelenggarakan pernikahan saja tidak ada pembekalan bagi calon pengantin.

“Kita tentu prihatin, disaat yang sama terjadi 1100 perceraian setiap harinya,” paparnya.

Merujuk pada pengalaman gereja Katolik yang membekali calon pengantin, para praktisi keluarga dan hukum Islam kemudian mulai mendesain bimbingan perkawinan. Kecakapan hidup berkeluarga menjadi salah satu poin dalam bimbingan perkawinan. Disamping itu juga materi menjaga kesehatan reproduksi keluarga dan menyiapkan generasi yang berkualitas.

Din Syamsuddin: Ada Sertifikat Pranikah Nanti Tahu-tahu Ada Sertifikat Pasca Nikah

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata