logo


Gerhana Matahari di Aceh Bertepatan dengan Peringatan Tsunami, Ini Pesan Kemenag

Berikut ulasannya

19 November 2019 15:30 WIB

Ilustrasi Gerhana Matahari
Ilustrasi Gerhana Matahari `

ACEH, JITUNEWS.COM - Diprediksi fenomen gerhana matahari total akan terjadi pada 26 Desember mendatang di dua kabupaten di Aceh. Di hari yang sama, Aceh juga memperingati 15 tahun tsunami.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, M Daud Pakeh, mengimbau masyarakat untuk tidak mengaitkan gerhana matahari dengan kematian atau hal buruk.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengaitkan gerhana matahari dengan kematian, musibah atau hal buruk lainnya, karena gerhana gerhana matahari merupakan fenomena alam untuk menegaskan keagungan dan kebesaran Allah," kata Daud kepada wartawan, Selasa (19/11).


DPD Golkar Aceh Tegaskan Tak Ingin Ada Calon Tunggal di Musyawarah Nasional

"Konon lagi gerhana kali ini bertepatan dengan peringatan bencana tsunami 26 Desember," jelas Daud.

Daud mengatakan bahwa Kanwil Kemenag Aceh akan menyiapkan 500 kacamata gerhana. Pihaknya akan memusatkan pengamatan gerhana matahari total di Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh.

"Kanwil juga nanti akan menyiapkan 500 kacamata gerhana dengan filter khusus pengamatan matahari," ungkap Daud.

Seperti diketahui, gerhana matahari total diprediksi akan terjadi pada 26 Desember mendatang di dua kabupaten di Aceh, yaitu Simeulue dan sebagian Aceh Singkil.

"Lokasi gerhana total di Indonesia hanya terlihat di tujuh provinsi. Khusus untuk Aceh, gerhana matahari menyapa dua daerah yaitu Simeulue dan sebagian Aceh Singkil," kata Peneliti Falak pada tim Falakiyah Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, Kamis (19/11).

Kemenag dan Kemenkes Koordinasi Persiapan Haji 2020

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata