logo


Merapi Kembali Erupsi, BPPTKG: Kita Minta Semua Warga Terdekat...

simak penjelasannya

19 November 2019 14:04 WIB

Gunung Merapi meletus.
Gunung Merapi meletus. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gunung Merapi diperkirakan masih akan mengalami letusan susulan. Pasalnya, gunung berapi tersebut masih menyimpan endapan material yang bisa terangkat melalui erupsi di dalam kubah lavanya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto.

"Dari hasil koordinasi dengan tim Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kita ketahui bahwa dengan kondisi status Merapi di level dua sejak Mei 2018, maka diperkirakan juga masih ada letusan susulan karena ada meterial yang tersimpan di kubahnya," ungkapnya seperti dikutip dari IDN Times, Selasa (19/11).

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah saat ini telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat di Klaten, Boyolali dan Magelang untuk sementara waktu menghindari jarak hingga radius tiga kilometer dari kawasan puncak Merapi.


BPPTKG Larang Para Pendaki Rayakan Malam Tahun Baru di Gunung Merapi Karena Sedang Berstatus Waspada

Ia juga berharap masyarakat untuk tidak begitu saja mempercayai informasi hoax yang tidak jelas darimana sumbernya.

"Kita minta semua warga di titik terdekat dengan Merapi untuk menyaring informasi yang benar. Dapatkan informasi langsung dari BMKG, BPBD dan BPPTKG," terangnya.

Untuk saat ini, pihak BPBD Jawa Tengah telah membagikan sekitar 300 hingga 500 masker bagi warga yang tinggal sekitar Gunung Merapi.

Sebelumnya, pascaletusan gunung berapi paling aktif di Indonesia ini pada Minggu (17/11), sempat terjadi hujan abu yang mengguyur beberapa desa di daerah Magelang, Klaten dan Boyolali.

Gunung Merapi Keluarkan Lava Pijar, Sejumlah Daerah Ini Terkena Dampak Hujan Abu

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia