logo


Warga Sunter Digusur, Ketua DPD Partai Gerindra: Nggak Ada Janji Nggak Akan Penggusuran

berikut penjelasannya

19 November 2019 09:43 WIB

Penggusuran di Sunter Agung Tanjung Priok Jakarta Utara
Penggusuran di Sunter Agung Tanjung Priok Jakarta Utara detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Terkait dengan penggusuran di Sunter Agung, Jakarta Utara, Ketua DPD Partai Gerindra Muhamad Taufik menyebut jika Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta tidak pernah berjanji untuk tidak akan melakukan penggusuran.

"Enggak. Nggak ada janji nggak akan penggusuran," ujar M Taufik, Senin (18/11).

Taufik mengungkapkan bahwa penggusuran dilakukan jika lokasi lahan tersebut merupakan lahan milik pemerintah DKI.


Peduli Keselamatan, Pemprov DKI Jakarta Atur Batas Waktu Penyewaan Skuter

"Kalau tanah milik pemerintah yang diberesin," ujarnya.

Taufik menambahkan salah satu janji Anies saat kampanye Pilkada 2017 dulu adalah peremajaan kota dengan tanpa penataan kembali.

Lebih lanjut, Taufik menegaskan jika penggusuran yang dilakukan oleh Pemerintah DKI sudah sesuai prosedur hukum yang berlaku. Warga yang terdampak juga akan direlokasi, seperti memindahkan ke rusun.

Diketahui sebelumnya, puluhan warga korban penggusuran di Jalan Sunter Agung mempertanyakan realisasi janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pilkada 2017 yang lalu. Menurut warga Sunter tersebut, Anies berjanji tidak akan melakukan penggusuran.

"Kami semua pendukung Anies, tapi kenapa digusur, katanya dulu tidak ada penggusuran saat kampanye" kata salah seorang warga, Subaidah seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 16/11.

Subaidah mengatakan hampir semua warga Madura yang tinggal di Jalan Sunter Agung Perkasa VIII mendukung Anies saat Pilkada 2017. Namun, janji Anies tentang tidak adanya penggusuran tidak ditepati.

"Usai kami digusur, sampai sekarang juga tidak dikunjungi," ujarnya.

Diketahui, Anies Baswedan mengeluarkan 23 janji kampanye dimana tidak ada satu pun yang menyatakan secara tegas bahwa ia tidak akan melakukan penggusuran. Anies menjanjikan bahwa ia hanya akan melakukan penataan ulang atau peremajaan kota.

"Pemindahan dilakukan bila itu dilakukan dengan memperhatikan hak warga keadilan dan prosedur," kata Anies saat debat I 2017 lalu.

Jadi Korban Penggusuran, Warga Sunter Ingatkan Anies Baswedan Saat Kampanye, "Katanya Dulu Tak Ada Penggusuran?"

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia