logo


Gara-gara Kebijakan Jokowi Ini, PDIP Mengaku Was-was Kalah di Pilpres 2024

Simak ulasan selengkapnya

19 November 2019 09:14 WIB

Joko Widodo / Jokowi
Joko Widodo / Jokowi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi II DPR Fraksi PDIP, Cornelis mempertanyakan kebijakan Jokowi yang berencana memangkas jabatan pegawai negeri sipil (PNS) eselon III, IV dan V lewat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

Politikus PDIP itu mengaku khawatir apabila keputusan Jokowi itu akan membuat PNS kecewa dan menurunkan pamor partai PDIP di Pilpres 2024 kelak. Terlebih lagi Menpan RB di jabat oleh kader PDI.

"Kenapa presiden kasih orang PDIP jadi Menpan? Sedangkan ini penyakit besar ini, Pak? Kalah-kalah nanti kami pemilu 2024 ini bisa kalah ini, karena eselon tiga, eselon empat disemeblek (disembelih) semua," katanya dikutip dari laman CNN (19/11).


Golkar Setuju dengan Amendemen UUD? Ini Jawabannya

Menurutnya, jabatan Menpan RB dalam mengatur birokrasi sangatlah riskan sehingga ia mengatakan mengapa jabatan itu tak diberikan ke partai lain saja.

"Sedangkan di lapangan politik birokrasi ini sangat menentukan, mati kita. Kenapa nggak dikasih ke partai lain aja?" Kata Cornelis sambil disambut tertawa para anggota Komisi II.

Dilain pihak, Tjahjo menjelaskan beberapa tugas yang sudah dilakukan guna merampingkan birokrasi. Ia menegaskan tak akan melakukan pemangkasan, hanya sebatas merampingkan birokrasi.

"Jadi dalam waktu dekat, kami tidak pangkas birokrasi namun merampingkannya," kata Tjahjo.

Sindiran Fadli Zon ke Jokowi dan Ahok Dibalas PDIP, Begini Katanya

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma