logo


Ketua Alpha: Perintah Jokowi ke Kapolri dan Jaksa Agung Tidak Akan Efektif, Kecuali...

Simak ulasan selengkapnya

18 November 2019 08:28 WIB

Presiden Jokowi di Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2019
Presiden Jokowi di Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2019 Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Asosiasi Ilmuwan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha) Azmi Syahputra mengatakan pidato Jokowi beberapa waktu yang lalu perihal perintah kepada jaksa dan polisi untuk tak peras pengusaha bakal kurang efektif apabila mafia anggaran masih berkeliaran.

Menurutnya Jokowi harus segera membasmi para aktor mafia anggaran agar bisa merealisasikan keinginannya itu.

"Perintah Jokowi kepada Kapolri dan Jaksa Agung beberapa waktu lalu tidak akan efektif, kecuali membasmi tuntas aktor mafia anggaran. Nanti yang muncul bukan lagi oknum jaksa atau polisi, tetapi pihak-pihak tertentu dan biasanya mereka bersatu dalam komunitas aktor mafia calo anggaran," ujarnya dikutip dari laman BeritaSatu (18/11).


Cerita Saat Jaga Jokowi, Paspampres: Harus Parno

Lebih lanjut, Azmi berharap agar masalah anggaran cepat diselesaikan karena dapat menghambat tujuan bangsa.

"Mereka dapat memanfaatkan pengaruh jabatan atau pemegang kekuasaan dan ini bermaksud untuk keuntungan pribadi ataupun kelompok, ini hal sangat serius dan jadi sumber masalah besar selama ini, yang jadi hambatan dalam mencapai tujuan bangsa," tandas dia.

Saat ini, kata Azmi, agenda besar pemerintah adalah menyusun anggaran, yang digunakan sebagai pedoman dasar dalam penyelenggaraan kinerja dari setiap lembaga negara, provinsi maupun kota termasuk kabupaten.

"Terhadap tahap penyusunan anggaran ini, harus diantisipasi dengan cermat praktik calo anggaran ataupun aktor mafia anggaran, banyak kedok dan modus yang diperankan oleh para makelar anggaran ini, mereka pasti tidak mau kehilangan zona lapangan penghasilan atau jatah dari kebiasaan yang sudah lama mengakar, karena dari perilaku para mafia anggaran ini jugalah dapat menghambat pembangunan," ungkap Dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Karno ini.

Curhat Paspampers Saat Kawal Jokowi, "Kami Sering Disebut..."

Halaman: 
Penulis : Raka Kisdiyatma