logo


Ma'ruf Amin: Saya Ingin Ada Upacara Khusus di Papua

Simak berita selengkapnya

17 November 2019 10:14 WIB

KH Ma\'ruf Amin
KH Ma'ruf Amin Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, ikut dalam kegiatan jalan sehat lintas agama. Menurutnya, kegiatan ini memiliki manfaat yang besar.

"Karena memang ini merupakan upaya konkret untuk bagaimana menyatukan seluruh potensi bangsa ini dan agama. Biayanya murah, tidak mahal, tapi manfaatnya besar. Dengan biaya semurah-murahnya, menimbulkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena itu saya ingin acara seperti ini dibuat di setiap provinsi," kata Ma'ruf di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (17/11).

Ma'ruf ingin acara serupa diadakan di Papua untuk menyatukan dan membangun kedamaian. Ma'ruf mengajak semua pihak untuk membangun kerukunan dan menyudahi konflik.


Khotbah Jumatnya Viral, Menag: Saya yang Paling Jengkel pada Saat...

"Saya ingin ada upacara khusus atau event khusus untuk di Papua, supaya menyatukan seluruh rakyat Papua dan membangun Papua yang damai. Insyaallah kita akan melakukan upaya-upaya itu. Dan mari kita bangun sekarang ini narasi-narasi kerukunan, kita sudahi narasi-narasi konflik, narasi-narasi yang menimbulkan perbedaan," ujarnya.

Ia juga mengimbau agar khotbah-khotbah yang disampaikan di tempat ibadah tidak berisi narasi konflik dan permusuhan.

"Karena itu, narasi kita dalam khotbah di masjid, khotbah di gereja, di dalam ceramah-ceramah kita hindarkanlah narasi-narasi yang menimbulkan konflik dan permusuhan. Tapi narasi yang membangun rasa saling mengenal ta'aruf, rasa saling mencintai tawadhu, rasa saling menyayangi tarahut, rasa saling membantu ta'awun, rasa saling menolong tanafur," ucap Ma'ruf.

"Narasi-narasi itu yang harus kita bangun ke depan. Kita tinggalkan narasi-narasi konflik pada masa yang lalu," imbuhnya.

Ma’ruf Amin: Jangan Sampai Ada Guru Ngaji yang Mengajarkan Paham Radikal

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata