logo


Senjata Sniper Indonesia yang Menjadi Mimpi Buruk Bagi Setiap Lawannya

simak penjelasannya

16 November 2019 17:12 WIB

hdwallpapers.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di dalam dunia sniper, nama Indonesia menjadi salah satu yang diperhitungkan. Tercatat, TNI 12 kali menjadi juara umum dalam lomba menembak antarnegara dimana yang terakhir diraih pada ajang Australian Army Skill At Arms Meeting (AASAM) 2019, 26 Maret-2 April. Skill yang dimiliki prajurit TNI bisa dibilang diatas rata-rata. Mendukung skill tersebut, Indonesia memiliki beragam senjata, baik yang diproduksi oleh PT. Pindad maupun luar negeri. Berikut empat senjata sniper TNI yang menjadi mimpi buruk musuh.

1. HECATE II

Hecate II adalah senapan anti-materiel buatan Perancis. Di Indonesia. Hecate II menjadi senjata andalan untuk Kopassus TNI AD, Taifib Korps Marinir, dan Kopaska TNI AL, Detasemen (Den) Bravo 90. Keunggulan Hecate II yakni keberadaan monopod yang dipasang pada pada bagian popor sehingga senapan menjadi lebih stabil dan akurat.


Pilkada 2020 Masih Dipilih Langsung oleh Rakyat? Ini Kata Wakil Ketua DPD RI

2. BARRETT M82A1

M82 merupakan senapan dengan kategori high-powered heavy sniper rifle yang dikembangkan dan diproduksi oleh Amerika Serikat. Menggunakan amunisi kaliber .50 BMG (12.7 mm), senapan ini menjadi andalan Korps Kopassus.

Jarak tembak efektifnya di range 1500 meter hingga 2500 meter, Dengan amunisinya, senapan ini yang sangat efektif untuk mengeliminasi target seperti truk, kendaraan, dan target manusia dari jarak yang cukup jauh meski berada di balik dinding.

3. SPR 3

Senjata sniper ini asli buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT. Pindad. Senapan SPR 2 memiliki desain yang presisi dan bodi yang lebih ringan sehingga pergerakan dalam medan pertempuran menjadi lebih leluasa. Senapan sniper ini memenuhi standar NATO dengan menggunakan amunisi kaliber 7.62 x 51 mm serta dilengkapi dengan teropong bidik untuk meningkatkan akurasi tembakan pada jarak lebih dari 1 km.

4. SPR 2

SPR 2 adalah senapan tembakan tunggal atau biasa disebut single bolt terbaik dari daftar ini. Senjata ini dilengkapi dengan fitur a malt baffle muzzle brake yang mampu mereduksi recoil dan membuat senapan ini 'mulus' saat dioperasikan.

Dilengkapi dengan bipod yang tingginya dapat diatur, SPR dirancang sebagai senapan penembak jitu yang mampu menembakkan peluru secara akurat hingga jarak 2 kilometer.

Peluru kaliber 12,7 mm SPR2 mampu menembus tank lapis baja dan bahkan dilengkapi dengan alat peledak yang mampu meledakkan kendaraan tempur. Oleh sebab itu, Kemunculan SPR2 ini membuat heboh dunia militer internasional, khususnya para sniper.

Berkat kemampuannya yang luar biasa, Senapan Sniper SPR-2 setingkat dengan senjata sniper canggih lain dari seluruh dunia.

Pelajar Lokal dan Internasional Ikuti Seminar Aksi Cepat Tanggap Terhadap Bencana Alam

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia