logo


Huawei P30 dan Nova 5T Tidak Bisa Dipasarkan di Taiwan, Alasannya Ternyata...

berikut penjelasannya

16 November 2019 14:29 WIB

Huawei
Huawei developerz.software

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Taiwan melakukan kebijakan larangan penjualan terhadap smartphone produksi raksasa teknologi asal Tiongkok yakni Huawei. Tercatat ada tiga smartphone Huawei yang dilarang untuk diedarkan oleh Badan pengawas National Communications Commision (NCC) Taiwan yakni Huawei P30, P30 Pro, dan Nova 5T.

Dilansir Gizmochina (16/11), kebijakan yang diberlakukan oleh NCC ini membuat Huawei tidak diizinkan untuk memasarkan tiga smartphone tersebut selama sistem operasinya belum diubah.

Kebijakan tersebut sarat dengan muatan politik. Diketahui, hubungan politik kedua negara, baik Taiwan dan Tiongkok, memang menghangat. Taiwan saat ini tengah sensitif terhadap isu Beijing yang menyebut Taiwan merupakan bagian dari kebijakan Tiongkok. Taiwan menganggap bahwa adanya pelabelan Taiwan di dalam smartphone Huawei menjelaskan bahwa Huawei mengakui kebijakan Tiongkok tersebut sehingga mengganggu martabat rakyat Taiwan.


Huawei Mate 30 Pro Sudah Bisa Dipesan Mulai Hari ini, Begini Spesifikasi dan Harganya

"Pelabelan di smartphone Huawei sebenarnya tidak benar dan telah merusak martabat rakyat Taiwan. Kami telah mengambil langkah tegas untuk menjunjung tinggi martabat Taiwan," demikian pernyataan resmi NCC.

Sebelumnya, Huawei menyebut Taiwan merupakan bagian dari Tiongkok usai banyak keluhan diajukan namun, Huawei tidak dengan menyebut Taiwan sebagai bagian dari Tiongkok terkait pembaruan software.

Alhasil, ketiga smartphone terbaru tersebut tidak bisa dijual di Taiwan, kecuali Huawei telah memperbarui sistem operasinya di ponsel tersebut. Diketahui, sistem operasi Huawei saat ini menyebutkan Taiwan, Tiongkok pada zona kontak dan waktu di smartphone-nya yang tidak disukai oleh Taiwan.

Berubah Drastis! Desain iPhone 12 Mengecil, Kamera Lebih Dahsyat dari iPhone 11 Pro

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia