logo


Gunakan Nama Cucu Jokowi Sebagai Varietas Anggur Baru, Begini Alasan Mentan Syahrul Yasin Limpo

Simak berita selengkapnya

16 November 2019 04:39 WIB

syahrul yasin limpo
syahrul yasin limpo ayobandung.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo,  mencanangkan gerakan nasional pengembangan mangga dan anggur. Gerakan tersebut merupakan rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional di Kebun Instalasi Penelitian Pengembangan Teknologi Pertanian Cukurgondang, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (15/11/2019).

“Mari kita sama-sama, dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim. Dengan ini kita canangkan gerakan nasional pengembangan mangga dan anggur, berskala dunia hari ini. Bukan lagi skala nasional. Semoga hari Jumat menjadi rahmat,” ujar Syahrul.

Pada acara tersebut, Menteri Syahrul diminta untuk memberi nama pada varian anggur baru hasil rekayasa genetika Balitbang Kementan. Syahrul memberi nama Jan Ethes Sp1 pada varian anggur baru tersebut.


Akmal Pasaludin: Mentan Periode Ini Sudah Setuju Bersinergi dengan Pesantren

Syahrul mengaku memberi nama varian anggur baru seperti nama cucu Presiden Jokowi karena suka dengan namanya. “Saya suka nama itu, dalam bahasa Jawa artinya sangat bagus, Ethes berarti cekatan, pas sekali,ini varietas unggul,” jelas Syahrul.

Nama Jan Ethes dirasa pas dengan karekteristik anggur varian baru tersebut. Teksturnya kering dan tidak terlalalu berair, rasanya pun sangat manis dan segar. Keunggulan lain dari anggur Jan Ethes ini yaitu tidak mudah rontok sehingga masa simpannya bisa lebih lama.

Mentan Lepas Ekspor Manggis ke Tiongkok dan Beri Bantuan ke 10 Ribu Petani Milenial

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati