logo


KKP Terus Genjot Produksi Komoditas Marikultur di Riau

Simak berita selengkapnya

15 November 2019 14:32 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Probowo, saat kunjungan ke Batam, Rabu (13/11/2019)
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Probowo, saat kunjungan ke Batam, Rabu (13/11/2019) KKP

Sambung Slamet, untuk itu KKP telah mendukung melalui program diantaranya bantuan benih, calon induk, teknologi budidaya ramah lingkungan, pengembangan perekayasaan, restocking serta pemenuhan kebutuhan masyarakat pembudidaya.

“Di Riau, kita ada Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam yang terus berinovasi dalam pengembangan budidaya laut. Inovasi teknologi tepat guna diantaranya aplikasi sistem RAS (Reciculating Aquaculture System) pada produksi benih kakap putih, bawal bintang dan ikan hias," jelasnya.

Selain itu, Kata Slamet, pengembangan akuakultur di Riau akan mengoptimalisasi tambak-tambak rakyat untuk pemberdayaan masyarakat lokal.


Geram dengan Pemberitaan Media, KKP: Menteri Edhy Prabowo Tak Pernah Bilang...

“Kita akan usung Integrated Aquaculture Business, ini strategi efektif yang akan didorong dalam upaya menjamin siklus bisnis perikanan budidaya yang efisien, bernilai tambah dan memberikan multiflier effect bagi pergerakan ekonomi masyarakat," kata Slamet.

Slamet menilai pengembangan akukultur harus berbasis kawasan dan komoditas unggulan di berbagai daerah potensial, dengan pengelolaan sistem produksi yang integratif.

“Indonesia sendiri masih memiliki peluang besar dalam mengembangkan akuakultur laut, ini dapat dilihat dari potensi lahan perikanan budidaya laut yang ada seluas 12,1 juta hektar dengan pemanfaatan hanya 325.825 hektar (2,7%). Potensi ini harus mampu kita manfaatkan," sebut Slamet.

Dalam kunjungan kerja di Batam ini, KKP menyalurkan bantuan berupa benih ikan kakap putih sebanyak 140.000 ekor senilai Rp. 128.560.000,- dan benih bawal bintang sebanyak 35.500 ekor senilai Rp.42.295.000,-kepada 7 kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di Kabupaten Karimun dan Kota Tanjung Pinang, Kota batam dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Edhy Prabowo Tegaskan Akan Perangi Nelayan Asing Pencuri Ikan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata