logo


Jadi Kandidat Kuat Pengganti Valverde di Barcelona, Ronald Koeman: Saya Baru Bisa Setelah Euro 2020

berikut penjelasannya

14 November 2019 03:02 WIB

The Verge

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pelatih berpaspor Belanda, Ronald Koeman, mengungkapkan bahwa sangat mungkin bagi dirinya untuk melatih Lionel Messi dan kawan-kawan. Namun, hal tersebut baru bisa terjadi setelah berakhirnya gelaran Piala Eropa 2020.

Koeman tengah disebut sebagai calon kuat pengganti Ernesto Valverde pada kursi pelatih Barcelona. Nama pelatih 56 tahun ini muncul usai mampu mengantar sekaligus mendongkrak permainan Belanda yang tiga tahun lalu gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Dirinya juga punya kedekatan emosional dengan Barcelona. Pasalnya, ia pernah mengenakan seragam Barcelona selama enam musim dari mulai 1989 hingga 1995. Dia adalah pencetak gol tunggal penentu kemenangan Barcelona pada babak final Piala Champions 1992 melawan Sampdoria.


Blak-blakan! Rakitic Mengaku Sedih Cuma Jadi Pemain Cadangan di Barcelona

Ronald Koeman tidak menampik dugaan kemungkinan dirinya untuk kembali Camp Nou. Namun, dirinya kembali menegaskan jika ia bisa melakukan hal tersebut usai Piala Eropa 2020.

Koeman sendiri sebenarnya telah diikat kontrak oleh Belanda hingga gelaran Piala Dunia 2022. Meski begitu, ia bisa meninggalkan Belanda lebih cepat demi melatih Barcelona.

Ini karena klausul khusus yang tertera di kontraknya. Timnas Belanda mengizinkannya pergi setelah Piala Eropa 2020, jika Barcelona mendekati.

"(Bergabung dengan Barcelona) adalah sesuatu yang sangat mungkin, tetapi itu hanya akan terjadi setelah Piala Eropa 2020," kata Koeman dikutip dari Marca.

"Saya tidak tahu apakah saya akan terus (membicarakan kemungkinan melatih Barcelona) di masa depan. Agak aneh untuk membicarakan kemungkinan hengkang ke klub saat Anda masih menjadi pelatih Belanda," sambungnya.

Datangkan Mbappe, Madrid Siapkan Mahar Rp 6,2 Triliun dan Pemain ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia