logo


Tak Beberkan Rincian Anggaran Kemenhan, Pengamat: Prabowo Cerdas!

Simak berita selengkapnya

13 November 2019 20:08 WIB

cnnindonesia.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan penolakannya terhadap permintaan Anggota Komisi I PDIP Effendi Simbolon untuk menguraikan anggaran Kemenhan secara terbuka.

Penolakan itu terjadi saat gelaran rapat pembahasan Anggaran Kemenhan yang ditetapkan dalam APBN 2020 senilai Rp 131,2 triliun. Rapat tersebut berlangsung di Gedung DPR RI, Selasa (12/11).

Pengamat politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai langkah yang diambil oleh Prabowo itu merupakan pilihan yang cerdas.


Soal Pencekalan Habib Rizieq, Dahnil Sebut Prabowo Akan Diskusi dengan Jokowi

“Respon Prabowo tersebut sangat bernas, cerdas, bagus, dan luar biasa. Dia tidak terjebak dengan pandangan ES (Effendi Simbolon) yang meminta uraian anggaran pertahanan. Secara tegas, Prabowo menolak,” kata Emrus, dilansir dari Antara pada Rabu (13/11).

Emrus mengatakan, membuka rincian anggaran Kemenhan dalam rapat terbuka dapat berpotensi menjadi konsumsi publik maupun dunia internasional yang bisa merugikan posisi Indonesia dalam mengelola pertahanan.

“Alokasi anggaran, apalagi dalam bentuk rincian sejumlah rupiah untuk alutsista tertentu, dari aspek geopolitik posisi Indonesia dalam hubungannya dengan negara-negara lain, utamanya dengan negara tetangga, dan dikaitkan dengan postur keseluruhan APBN kita. Saya mendukung pandangan Menhan agar dibahas dalam sidang tertutup di Komisi I DPR-RI,” kata Emrus.

Dahnil Anzar Jadi Jubir Menhan, Politisi Demokrat: Baru Kali ini Saya Tahu Seorang Menhan Punya Jubir

Halaman: