logo


Cegah Kejahatan Cyber, Kominfo Resmi Promosikan Tanda Tangan Elektronik

Simak berita selengkapnya

13 November 2019 17:35 WIB

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mempromosikan penggunaan tanda tangan elektronik di Indonesia, Rabu (13/11/2019)
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mempromosikan penggunaan tanda tangan elektronik di Indonesia, Rabu (13/11/2019) Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia secara resmi mempromosikan penggunaan tanda tangan elektronik di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate yang diwakilkan Dirjen Aplikasi Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan, mengatakan fitur tanda tangan elektronik belum pernah ada dalam layanan online.

Padahal, kata Samuel, tanda tangan elektronik sangat dibutuhkan untuk menjamin kepastian hukum kepada pelayanan pemerintah, keuangan dan swasta.


Karyawan Facebook Protes Mark Zuckerberg Terkait Penayangan Iklan Politik, Penyebaran Hoax dan Ujaran Kebencian

“Dengan tanda tangan elekteonik, pengguna tidak bisa menyangkal telah melakukan transaksi elektronik,” ujar Samuel di Jakarta, Rabu (13/11).

Dia menambahkan penerapan tanda tangan elektronik juga dapat menangkal kejahatan cyber yang akhir-akhir ini semakin tinggi.

Menurutnya, dengan penggunaan tanda tangan elektonik mampu mencegah masuknya user yang tidak berhak masuk kedalam sistem elekronik yang kita miliki.

“Penggunaan user name dan pasword sudah tidak cukup lagi. Kejahatan cyber semakin canggih dan sulit dideteksi,” pungkasnya.

Kominfo Luncurkan Layanan Sertifikasi Elektronik

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata