logo


Indonesia Ranking 4 Dunia Keuangan Syariah

Pemerintah Indonesia juga telah membuat roadmap ekonomi dan keuangan syariah

13 November 2019 09:49 WIB

dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menurut Laporan Islamic Finance Development Indicators (IFDI) 2019, Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat, dengan aset keuangan Syariah naik 5% dari 82 USD di 2017 menjadi 86 USD di 2018. Hal itulah yang membuat Indonesia naik peringkat menjadi posisi ke 4, setelah Uni Emirat Arab, Bahrain, Malaysia. Prestasi itu dikarenakan faktor peningkatan penilaian IFDI dan juga didukung oleh tata kelola pemerintahan yang semakin baik.

Selain itu pemerintah Indonesia juga telah membuat roadmap ekonomi dan keuangan syariah, melalui Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) membuat Rancangan Masterplan Ekonomi Syariah (MEKSI) 2019 hingga 2024, mengatur strategi dan rencana aksi dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan Syariah Indonesia. Salah satu fokus utama dari MEKSI adalah Pendidikan keuangan Syariah, yang saat ini Indonesia sudah menjadi terdepan di dunia.

Shaima Hasan seorang Proposition Manager Islamic Finance di Bahrain mengatakan, perbandingan regulator di Bahrain hanya satu namanya bank sentral bahrain yang mengatur industri financial, bedanya dengan Indonesia ada BI, OJK, Kemenkeu. Menurutnya, regulasi di Bahrain cukup bagus karena mempunyai buku panduan secara detil tentang keuangan Islam, regulasi tersebut faktor yang membuat keuangan di bahrain kuat.


Pemerintah Tetapkan Skema Kebijakan Pengendalian Defisit Keuangan BPJS Kesehatan

“Setiap 3 bulan ada pertemuan antara petinggi CEO dan para ulama berkumpul di satu forum untuk mendiskusikan pengembangan keuangan syariah dan ekonomi syariah, itulah yang menjadi masukkan bagi pemerintah dalam mengembangkan ekonomi syariah,” ujar Shaima kepada awak media di Jakarta, Selasa (13/11).

Tips Atur Keuangan Bagi Anda yang Ingin Liburan Akhir Tahun

Halaman: 
Penulis : Denys, Vicky Anggriawan