logo


Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Mengemudi Kendaraan Bermotor

berikut penjelasannya

13 November 2019 09:12 WIB

Ilustrasi - Shutterstock
Ilustrasi - Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ada banyak hal yang bisa meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya, salah satunya adalah rasa kantuk saat berkendara. Para pengemudi kendaraan bermotor sebaiknya mengetahui cara-cara khusus untuk mengatasi rasa kantuk saat mengemudi di tengah perjalanan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Membuka Kaca Jendela Sedikit

Rasa kantuk diketahui dapat muncul akibat kurangnya kadar oksigen di dalam otak. Oleh sebab itu, bukalah kaca jendela mobil agar sirkulasi udara di dalam kendaraan menjadi lebih baik. Pengemudi mobil juga akan mudah mengantuk ketika kondisi dalam kabin yang terlalu dingin.


Weekend Seru bareng Keluarga dengan Budget Murah? Lakukan Ide-ide Ini

2. Pakai Sun Glass jika Mengemudi Siang Hari

Mengendarai kendaraan baik mobil maupun sepeda motor terutama di saiang hari sebaiknya menggunakan sun glass. Paparan sinar matahari membuat mata menjadi cepat lelah sehingga menyebabkan kantuk. Sun Glass mampu mengurangi intesitas cahaya matahari yang masuk ke dalam mata.

3. Membatasi Waktu Berkendara

Mengemudi tentunya akan memakan energi dan stamina. Jangan memaksakan diri untuk terus berkendara jika kondisi fisik sudah tidak lagi memungkinkan. Batasi waktu berkendara maksimal 2,5 jam.

4. Istirahat Sejenak

Setelah lebih dari 2,5 atau 3 jam, sebaiknya kamu mengambil sedikit waktu untuk istirahat sejenak. Saat istirahat, kamu bisa melakukan peregangan agar ototmu rileks. Jika siang hari dan cerah, kamu bisa mencoba untuk jalan kaki diatas aspal tanpa alas. Lakukan hal tersebut kurang lebih 5 menit, dijamin rasa kantukmu langsung hilang.

Ingin Punya Postur Tubuh Tinggi? Lakukan 4 Gerakan Sederhana Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia