logo


Kabar Gembira! Kini Passing Grade CPNS Turun

Simak berita selengkapnya

13 November 2019 08:51 WIB

Kemenko PMK melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2018 di Kantor Badan Kepegawaian Negara, Jakarta, Selasa (6/11)
Kemenko PMK melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2018 di Kantor Badan Kepegawaian Negara, Jakarta, Selasa (6/11) Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PARB) Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa tahun ini akan ada penurunan passing grade nilai CPNS. Hal tersebut dikarenakan pada tahun sebelumnya banyak formasi yang tidak terisi.

"Kemarin itu sampai ada beberapa kabupaten dan kota yang tidak ada yang lulus, kan kasihan juga. Di satu sisi kami butuh pegawai, tapi di sisi lain dari hasil tes itu, (standar) soalnya ketinggian," kata Tjahjo usai menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Tjahjo menjelaskan penurunan passing grade tersebut tidak akan mempengaruhi kualitas CPNS. Sebagai gantinya pemerintah akan menambahkan soal tentang pencegahan radikalisme pada sesi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).


Pendaftaran CPNS 2019 Akan Segera Dibuka, Begini Pesan dari Tjahjo Kumolo

"Ada soal mengenai radikalisme masuk wawasan kebangsaan, juga mengenai Pancasila, mengenai ancaman-ancaman secara umum," tambahnya.

Pada tahun lalu ambang batas nilai kelulusan tes CPNS untuk sesi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75. Pada tahun 2019 ini ambang batas mengalami penurunan TKP 126, TIU 80, dan TWK 65.

Ini Penjelasan Kepala BKN soal Tes CPNS

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati