logo


Habib Rizieq Mengaku Dicekal, Begini Tanggapan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM

simak penjelasannya

13 November 2019 02:03 WIB

Habib Rizieq
Habib Rizieq Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menanggapi klaim Habib Rizieq Shihab yang tidak bisa keluar dari Arab Saudi karena adanya pencekalan yang diberlakukan atas dirinya oleh pemerintah Indonesia, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny Sompie membantahnya.

Dirinya mengatakan bahwa pemerintah indonesia tidak boleh menolak warganya untuk masuk ke Indonesia. Menurutnya, hal tersebut adalah bagian dari hak perlindungan warga negara sebagaimana tertuang dalam Pasal 14 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

"Pemerintah tidak boleh menolak WNI masuk ke Indonesia karena itu bagian dari perlindungan WNI," kata Ronny dalam konferensi pers di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).


Habib Rizieq Ngaku Dicekal, Begini Tanggapan Menlu Retno Marsudi

Lebih lanjut, Ronny mengungkapkan bahwa pihaknya hingga saat ini belum melakukan koordinasi dengan pihak Habib Rizieq di Indonesia. Namun, dia menyebut jika pemerintah akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait untuk menelusuri kebenaran dari adanya surat cekal yang ditunjukkan oleh Habib Rizieq dalam rekaman video yang diunggah oleh akun Youtube, Front TV.

"Kalau memang itu dibutuhkan untuk selesaikan persoalan secara bersinergi bisa melakukan upaya itu," tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Habib Rizieq mengaku dirinya tidak diijinkan untuk keluar dari Saudi Arabia. Padahal, sudah sejak lama dirinya ingin sekali pulang ke tanah air. Pengakuan tersebut dilontarkan dalam sebuah video yang diunggah melalui kanal Youtube Front TV pada Jumat (8/11).

Soal Pencekalan Habib Rizieq, Dahnil Sebut Prabowo Akan Diskusi dengan Jokowi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia