logo


Festival Teater Jakarta 2019, Suguhkan 15 Pertunjukan Teater se-DKI Jakarta

Simak berita selengkapnya

12 November 2019 18:03 WIB

Jumpa Pers Festival Teater Jakarta (FTJ) 2019
Jumpa Pers Festival Teater Jakarta (FTJ) 2019 Doc Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta kembali menyelenggarakan Festival Teater Jakarta (FTJ) 2019.  Event tahunan ini digelar di Teater Besar dan Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada 12-29 November 2019.

FTJ 2019 mengambil tema ‘Drama Penonton’. Event ini terselenggara atas kerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan didukung oleh Djarum Foundation.

Helatan FTJ tahun ini diikuti 15 grup teater yang merupakan ketiga pemenang (Juara I, II dan III) dari lima wilayah kota administrasi se-DKI Jakarta, kecuali kabupaten Kepulauan Seribu.


Musik Gamelan Akan Iringi Pagelaran Solo Batik Fashion 2019

Dalam hal ini, wilayah Jakarta Timur diwakili oleh Teater Camuss, Castramardika dan Sanggar Teater Jerit, Jakarta Utara diwakili oleh amatirujan, Teater Cahaya dan Maura Lintas Teater, Jakarta Pusat diwakili oleh Teater Petra, Teater Indonesia dan Unlogic Theatre, Jakarta Barat diwakili oleh Teater Asa, Teater Nusantara dan Teater Lab Teater Lumbung, sedangkan Jakarta Selatan diwakili oleh Teater Labo El Aktor, Teater Ciliwung dan Teater Pojok.

Ada beragam kegiatan akan dihadirkan selama festival ini, antara lain pertunjukan, diskusi dan pameran. Ada lima belas pertunjukan (perlombaan) oleh 15 grup teater, ada tiga diskusi yaitu diskusi naskah, diskusi biografl penciptaan dan diskusi pameran.

Ada juga pameran ‘Drama Penonton’ yang dikurasi oleh Mayumi Haryoto, ilustrator-desainer terkenal Indonesia yang karyanya terinspirasi pada ukiyo-e, ilustrasi dan desain pertengahan abad ke-20 yang memadukan masa lalu dengan kepekaan modem.

Seremoni pembukaan FTJ 2019 ini akan dibuka oleh Alberto Ali yang baru saja ditunjuk sebagai Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggantikan Edy Junaedi.

Pada malam pembukaan, FTJ 2019 menyuguhkan pertunjukan oleh bintang tamu FTJ, Teater Sam Lampung, melalui naskah ‘Kursi-Kursi’ karya E. Ionesco (sutradara Iswadi Pratama).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama rencananya akan hadir pada acara penutupan. Menteri Wishnutama akan menutup secara resmi FTJ 2019. Seniman Hanafi dan Hartati nantinya akan menggulung tirai FTJ lewat pertunjukan kolaborasi berjudul ‘Lipatan Kesedihan dari Kamar Dalam’ sebuah karya adaptasi dari naskah Rawayan DKJ.

Ada hal yang menarik dalam FTJ kali ini adalah pemilihan dan komposisi dewan juri. Jika sebelumnya juri berasal dari kalangan profesional teater, tahun ini Komite Teater DKJ mengundang salah satu juri profesional sebagai perwakilan penonton awam yaitu Sri Bramantoro Abdinagoro (Dosen pada BINUS Business School Jakarta).

Sementara ada empat juri dari kalangan seniman yaitu Zen Hae, Gandung Bondowoso, Jajang C. Noer dan Malhamang Zamzam. Selain kelima juri utama, ada pula Budi  Sobar, mantan anggota Komite Teater DKJ, sebagai juri pendamping.

Melly Glow Hunt, Pelopor Ajang Pencarian Bakat Model di Indonesia

Halaman: