logo


Penambahan Trotoar di Jakarta, Anies Baswedan: Minat Warga untuk Jalan Kaki Meningkat

Simak berita selengkapnya

12 November 2019 16:58 WIB

Anies Terapkan aturan PKL boleh berjualan di trotoar
Anies Terapkan aturan PKL boleh berjualan di trotoar detikNews

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pembangunan dan perbaikan trotoar tengah digencarkan oleh Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Proyek yang menelan biaya Rp 1,2 triliun itu meliputi pelebaran trotoar di 31 ruas jalan yang masuk rute angkutan publik. Pencapaian itu dicatatkan pada akhir tahun 2019 ini. Sedangkan, pemprov memasang target pada 2020 untuk penyelesaian.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan revitalisasi jalur pedestrian membuat warga Jakarta beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik untuk menekan kemacetan lalu lintas.


Habib Rizieq Ngaku Dicekal, Begini Tanggapan Menlu Retno Marsudi

Selain itu, kesadaran masyarakat Jakarta untuk menggunakan kendaraan umum, diklaim Anies, telah meningkat drastis sejak adanya Program Jak Lingko.

"Semenjak Jak Lingko dibangun jumlah pengguna kendaraan umum di tahun 2017 itu sekitar 340 ribu, sekarang sudah meningkat di atas 700 ribu, artinya lebih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan umum," tutur Anies di Balai Kota, Jakarta pada Senin (11/11).

Berdasarkan salah satu survei, Jakarta merupakan Kota dengan pejalan kaki terendah di dunia. Untuk itu, harap Anies, revitalisasi trotoar membuat warga lebih nyaman berjalan kaki.

"Dengan adanya trotoar, kita berharap juga warga yang berjalan kaki lebih banyak, penggunaan sepeda juga lebih banyak. Kita berharap agar penambahan trotoar ini meningkatkan minat warga untuk berjalan kaki," pungkasnya.

Kemenag Rombak Buku Pelajaran Agama, Fachrul Razi: Mana Materi yang Perlu Dihapus, Mana yang Tidak

Halaman: