logo


Kontroversi Pengucapan Salam, Alissa Wahid: Saya Ikut Gus Dur

Simak berita selengkapnya

12 November 2019 08:48 WIB

Alissa Wahid
Alissa Wahid media indonesia

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Buchori mengimbau kepada seluruh pejabat publik agar tidak menggunakan salam semua agama saat berpidato.

Buchori menjelaskan bahwa ucapan salam adalah bagian dari doa yang tidak terpisahkan. "Mengucapkan salam pembuka dari semua agama yang dilakukan oleh umat Islam adalah perbuatan baru yang merupakan bid'ah yang tidak pernah ada di masa lalu, minimal mengandung nilai syubhat yang patut dihindari," kata Buchori.

Putri Gusdur Alissa Wahid menanggapi polemik tersebut dengan santai. Ia tidak mempermasalahkan hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa selama ini ucapan salam yang dilakukan mengikuti apa yang dilakukan Gus Dur.


Saat Gus Dur Ubah Nama Irian Menjadi Papua, Ini Penyebabnya, "Artinya Telanjang...."

"Saya juga ndak pernah kok. Saya ikut Gus Dur mengucapkan assalamualaikum sebagai orang Islam dan selamat pagi sebagai orang Indonesia," kata Alissa dalam cuitan twitternya, Senin (11/11/2019).

Alissa Wahid menjelaskan bahwa orang Islam yang hanya mengucapkan salam 'assalamualaikum' saja tanpa disertai salam agama lain bukan berarti tidak toleransi terhadap agama lain. "Poinnya bukan yang tidak mau berarti intoleran, tetapi (1) bahwa tafsirnya dilabeli 'Allah akan murka', (2) upaya memaksakan 1 tafsir," tulis Alissa Wahid.

 

Putri Gus Dur Kritisi Jokowi, "Kami Gak Lihat Ketegasan Beliau"

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati