logo


Ciptakan Generasi Muda Tanggap Bencana, Kreator Aplikasi BAPAT Helat Seminar Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat

Simak berita selengkapnya

9 November 2019 22:00 WIB

Michael Mulianto dari Jakarta Intercultural School (JIS) Jakarta menggelar Seminar Aksi Cepat Tanggap siswa terhadap bencana alam digelar di hall @america, Pacific Place, Jakarta, Sabtu (9/11).
Michael Mulianto dari Jakarta Intercultural School (JIS) Jakarta menggelar Seminar Aksi Cepat Tanggap siswa terhadap bencana alam digelar di hall @america, Pacific Place, Jakarta, Sabtu (9/11). Jitunews/Nurman

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kreator aplikasi BAPAT (Bantuan Cepat), Michael Mulianto menganggap penting penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Michael menggelar acara ini dengan tujuan agar masyarakat bisa terlibat lebih aktif dalam penanggulangan bencana alam.

“Pembelajaran dari bencana-bencana yang terjadi sebelumnya proses pemulihannya itu cukup lama. Jadi kita bisa bicara, mempromosikan, dan bergerak bersama-sama, agar ada orang lebih banyak terlibat dalam proses penanggulangan bencana. Dan khususnya siswa atau pelajar juga bisa berkontribusi cepat tanggap pada bencana alam, dan membuat perubahan,” ujar Michael di @americ Pasific Place Jakarta Sabtu (9/11).

Siswa SMA Jakarta Intercultural School (JIS) Jakarta menyebut penyelenggaraan acara ini ditujukan agar perspektif bencana menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat, dan meminimalisir risiko bencana dengan partisipasi aktif masyarakat.


Anies: Pegawai Pemprov DKI Harus Menjadi Contoh Dalam Merespons Bencana dengan Aman

Acara ini dihadiri kalangan umum dan pelajar, acara ini dirancang untuk menggugah kesadaran risiko bencana, bagaimana dapat berpartisipasi melayani masyarakat saat bencana, juga membantu kala keadaan darurat nasional.

Dalam kesempatan yang sama Michael memperkenalkan aplikasi BAPAT yang diciptakannya, yaitu aplikasi penanggulangan bencana berbasis Android dan iOS.

Adapun selain Michael Mulianto, para pembicara lainnya adalah Profesor Dr. Ir. Kazan Gunawan (Guru Besar Tetap Universitas Esa Unggul) sebagai keynote speaker, Profesor Dr. H. Moermahadi Soerja Djanegara (Guru Besar Tetap Program Studi Akuntansi STIE Kesatuan Bogor, Ketua BPK RI periode 31 Maret 2017-4 Januari 2018), Mayor Jenderal Komaruddin Simanjuntak (Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-AD, Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana periode 31 Maret 2017-4 Januari 2018), Kolonel Farid Ma'ruf (Komandan SATGASGAB, Komandan Korem 162/WB 2016-2018), Jason Sudirdjo (Siswa SMA ACS Jakarta, Founder of Heart For Lombok Foundation).

Menko PMK Pimpin Rapat Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa Bumi NTB

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Aurora Denata