logo


Prof Kazan Apresiasi Kerja TNI dan BNPB dalam Penanggulangan Bencana

Penanganan Bencana Alam yang dilakukan BNPB dan TNI selama ini sudah sangat cepat dan tepat

9 November 2019 19:44 WIB

Prof. Dr. Ir. Kazan Gunawan
Prof. Dr. Ir. Kazan Gunawan Dok. Jitunews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Prof. Dr. Ir. Kazan Gunawan menilai penanggulangan bencana alam yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI sudah sangat baik. Hal tersebut dikatakannya pada saat menjadi pembicara dalam acara Seminar Aksi Cepat Tanggap Siswa Terhadap Bencana Alam yang digelar di hall @america, Pacific Place, Jakarta, Sabtu (9/11).

"Penanganan Bencana Alam yang dilakukan BNPB dan TNI selama ini sudah sangat cepat dan tepat sasaran, yang diperlukan saat ini adalah peningkatan pelatihan bagi petugas daerah (local personnel) dalam penanggulangan post disaster," ujar Kazan Gunawan.

Dalam seminar yang dihadiri oleh sejumlah pelajar dari dalam dan luar negeri ini juga diluncurkan aplikasi penanggulangan bencana berbasis Android dan iOS oleh salah seorang pelajar dari Jakarta Intercultural School (JIS), Michael Mulianto.


Dukung Jokowi Hidupkan Kembali Posisi Wakil Panglima TNI, Politisi PDIP: Kerja TNI Makin Kompleks

Kazan berharap, adanya aplikasi tersebut dapat membantu pemerintah dalam mendapatkan data-data kebencanaan secara akurat. Menurut Kazan, penanganan pasca bencana harus didukung oleh data-data yang cepat dan akurat agar lembaga-lembaga terkait dapat membuat keputusan yang tepat dalam penanggulangan bencana.

"Yang disampaikan Michael tadi, dia membuat aplikasi dalam konteks bagaimana mendapatkan data yang cepat yang akurat. Kecepatan itu memegang peranan penting dalam penanganan bencana. Kemudian data juga harus valid, kalau tidak valid nanti tindakan dukungan dan yang lain akan menjadi salah," imbuh Kazan.

Guru Besar Universitas Esa Unggul tersebut sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan oleh Michael Mulianto. Menurut Kazan, generasi muda harus ikut berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana dengan apa yang dia bisa.

"Paling tidak ini menjadi bukti bahwa kesadaran dari generasi muda ini tumbuh. Michael ini berminat di bidang IT dan dia mengaplikasikan keilmuannya yakni dengan menciptakan suatu aplikasi yang dapat merecord data kebencanaan dengan cepat," imbuhnya.

Sementara itu menurut Tenaga Ahli BNPB, Mayor Jenderal TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak, untuk saat ini, tidak sampai 1 X 24 jam, kepala BNPB pasti sudah berada di lokasi bencana.

Mayjend (Purn) Komaruddin Simanjuntak yang didaulat sebagai salah satu pembicara dalam seminar itu juga memberikan pemahaman tentang peran BNPB dalam menangani bencana alam di Indonesia serta memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang diambil BNPB dalam penanggulangan berbagai jenis bencana alam.

Pelajar Lokal dan Internasional Ikuti Seminar Aksi Cepat Tanggap Terhadap Bencana Alam

Halaman: 
Penulis : Nurman Abdul Rohman, Vicky Anggriawan