logo


4 Hal Sederhana untuk Menghilangkan Rasa Pesimis, Buat Duniamu Lebih Indah

simak penjelasannya

8 November 2019 17:59 WIB

depresi
depresi Hello Sehat

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rasa pesimis merupakan salah satu penghambat terwujudnya impian. Meski demikian, tidak bisa dipungkiri jika hal rasa pesimis ini dimiliki setiap orang. Sebenarnya, rasa pesimis juga bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran. Namun jika hal ini menjadi dominan dalam benak seseorang, tidak menutup kemungkinan jika dia tidak bisa menikmati hidup dengan maksimal. Berikut ini beberapa tips mengatasi rasa pesimis yang berlebihan:

1. Tenang Dalam Berpikir

Carilah tempat yang tenang dan cobalah untuk santai. Suasana yang tenang membuatmu berpikir lebih jernih dan jelas sehingga pikiran negatif yang berpotensi memunculkan rasa pesimis bisa ditekan.


Kualitas Suara Terjaga, Ini Tips dari Armand Maulana

2. Sadari Kemampuan Diri

Semua orang terlahir dengan kemampuan spesialnya. Renungkan apa yang sangat bisa kamu lakukan dan seberapa jauh batasan dirimu. Manfaatkan kekuatanmu untuk menjalani hidup dan lakukan segala sesuatu dimana kamu benar-benar mampu melakukannya. Sesekali cobalah untuk tidak mendengarkan pendapat negatif orang lain mengenai dirimu.

3. Gunakan Akal Sehat

Pemikiran logis teruji mampu meredam emosi dan hal-hal negatif lain yang berpotensi memunculkan rasa pesimis. Faktor terbesar yang menyebabkan depresi, keresahan, kebencian, atau pemikiran negatif lain adalah pemikiran yang tidak logis dengan alasan yang kurang jelas.

4. Role Model

Jika kamu mempunyai tokoh yang kamu idolakan, kamu akan cenderung mengikutinya baik dari segi penampilan, gaya bahasa, kebiasaan atau pemikiran. Carilah sosok idola yang sangat mempengaruhimu lalu teladani cara berpikirnya atau cara pandangnya.

Weekend Seru bareng Keluarga dengan Budget Murah? Lakukan Ide-ide Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia