logo


Si Kecil Punya Kebiasaan Memukul? Yuk Hentikan dengan Tips Jitu Ini

Penasaran?

8 November 2019 17:00 WIB

Ekspresi anak memukul
Ekspresi anak memukul pijar psikologi

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Memiliki anak dengan kebiasaan memukul orang lain ataupun benda-benda di sekitarnya tentu membuat kita kesal. Anak balita biasanya memukul-mukul karena ia sedang melampiaskan emosinya. Ia tidak tahu bagaimana cara mengelola emosinya.

Menurut Joanne Cummings, Psikolog klinis anak Toronto, Kanada menjelaskan memukul sebenarnya dorongan alami pada saat anak emosi. “Agresi bukanlah perilaku yang dipelajari, itu adalah perilaku alami, bawaan sejak lahir, tapi anak-anak harus belajar untuk tidak menjadi agresif,” jelasnya.

Apabila kebiasaan memukul sampai menyakiti orang lain, kita sebagai orang tua harus mengajarinya. Yuk ikuti tips ini mom, agar sikecil berhenti dari kebiasan memukul.


5 Tips Cara Jualan yang Efektif

  1. Katakan bahwa tindakannya salah

Sebagian orang tua sering membiarkan anak memukul orang lain dengan alasan namanya juga anak-anak. Tapi penting bagi orang tua untuk menjelaskan dengan tegas dan tenang bahwa tindakannya salah. Katakan pada anak bahwa tindakannya sudah menyakiti orang lain dan tentu kita juga tidak ingin dipukul.

  1. Temukan akar masalahnya

Anak balita belum bisa mengungkapkan emosinya karena kekurangan kosakata. Ketika emosi akhirnya ia memukul untuk mengungkapkan keinginannya. Bantu menemukan akar masalahnya dengan bertanya dengan kata-kata sederhana yang bisa dipahami anak. Ajarkan kata-kata yang bisa mengekspresikan suasana hatinya.

  1. Bantu memecahkan masalah

Ketika anak menghampiri kita dengan cara memukul, cobalah hentikan dengan tenang. Tanyakan apa yang bisa kita bantu sebagai gantinya.

  1. Ajarkan kosakata perasaan

Anak balita masih terbatas kosakatanya sehingga sering memukul sebagai luapan emosinya. Kita sebagai orang tua perlu mengajari kosakata yang bisa mengekspresikan emosi. Misalnya ketika mainannya di rebut temannya, kita bisa membantu berkata “Adik marah ya?” atau “Adik sedih?”. Dengan berkata seperti itu, maka ekspresi perasaannya akan tersampaikan.

 

Kamu Sulit Tidur? Yuk Gunakan Teknik 4-7-8, Dijamin Kurang dari 1 Menit Langsung Tidur

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati